Mulai Besok Unnes Resmi Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Kedokteran

Senin, 31 Juli 2023 - 16:52 WIB
loading...
Mulai Besok Unnes Resmi Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Kedokteran
Unnes akan membuka penerimaan mahasiswa baru kedokteran besok, 1 Agustus 2023. Foto/Unnes.
A A A
JAKARTA - Semakin banyak perguruan tinggi yang membuka penerimaan baru mahasiswa kedokteran . Kali ini Universitas Negeri Semarang ( Unnes ) resmi membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk semester gasal tahun 2023/2024.

Sebelumnya Universitas Negeri Padang (UNP) yang resmi membuka penerimaan mahasiswa baru S1 Pendidikan Dokter Bukittinggi pada 8 Agustus 2023 mendatang. Penerimaan mahasiswa baru ini bisa dilakukan di laman https://spmb.unp.ac.id.

Link Penerimaan Mahasiswa Baru


Pendaftaran mahasiswa baru Prodi Kedokteran akan dibuka pada 1 sampai 10 Agustus 2023 secara daring di laman unnes.ac.id/admission. Menurut Dekan Fakultas Kedokteran Unnes Prof. Dr. Mahalul Azam, persiapan prodi kedokteran telah dilakukan sejak 2019. Namun secara intensif mulai dilakukan tahun 2021.

Baca juga: UNP Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Prodi Kedokteran, Pendaftaran Mulai Agustus

Pendaftaran mahasiswa baru kedokteran di Unnes dibuka seiring dengan turunnya rekomendasi dari Kementerian Kesehatan, Konsuil Kedokteran Indonesia (KKI), dan telah dilakukannya sidang majelis Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) tentang akreditasi minimal Prodi Kedokteran Unnes.

Dia mengatakan, rekomendasi Kementerian Kesehatan telah diterima pada 20 Juni 2022 dan rekomendasi KKI telah diterima Januari 2023. Adapun visitasi akreditasi LAM-PTKes telah dilakukan pada 5 Juli 2023.

Dilengkapi Fasilitas Lengkap dan Dosen Terbaik


Selain melengkapi persyaratan administratif yang ketat, Unnes juga menyiapkan sarana dan prasarana perkuliahan, antara lain tenaga pengajar, ruang kelas, dan sejumlah laboratorium. Selain itu, Unnes juga bekerja sama dengan RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus sebagai rumah sakit pendidikan.

“Total kita sudah memiliki 51 dosen, 32 merupakan dosen tetap dan lainnya merupakan dosen dokter pendidik klinis,” katanya, dikutip dari laman Unnes, Senin (31/7/2023).

Baca juga: 20 Kampus Jurusan Akuntansi Terbaik di Indonesia versi THE WUR 2023, Simak Daftarnya

Untuk memastikan persiapan kuliah, Unnes juga juga telah menyiapkan 12 laboratorium sesuai standar antara lain Lab. Histologi, Lab Patologi Klinis, Lab Patologi Anatomi, Lab Parasitology, Lab Microbiologi, Lab Anatomy, Lab Fisiologi, Lab CBT, Skill Laboratorium, Objective Structured Clinical Examination (OSCE), Lab. Farmakologi, dan Lab Biokimia.

Lokasi Fakultas Kedokteran


Fakultas Kedokteran Unnes akan menempati kampus Unnes di Jalan Kelud. Kampus yang dulu digunakan sebagai kampus Sekolah Pascasarjana (SPs) itu dinilai representatif karena memiliki fasilitas modern dan lengkap.

Prof. Azam menambahkan, Prodi Kedokteran Unnes memiliki visi yang khas karena didesain untuk menghasilkan dokter unggul yang siap mengabdi di daerah Tertinggal, Terluar, dan Terdepan (3T) dengan semangat wawasan konservasi.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2405 seconds (0.1#10.140)