10.106 Mahasiswa Baru UGM Ikut PPSMB Pionir Gadjah Mada, Begini Pesan Rektor

Senin, 31 Juli 2023 - 18:09 WIB
loading...
10.106 Mahasiswa Baru UGM Ikut PPSMB Pionir Gadjah Mada, Begini Pesan Rektor
Sebanyak 10.106 mahasiswa baru UGM mengikuti kegiatan PPSMB Pionir Gadjah Mada. Foto/UGM.
A A A
JAKARTA - Universitas Gadjah Mada (UGM) resmi mengadakan Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) Senin (31/7/2023). Bertajuk PPSMB Pionir Gadjah Mada, kegiatan orientasi kali ini mengusung tema “Inisiatif Gadjah Mada, Akselerasi Peradaban Bangsa”.

“Tema PPSMB tersebut harapannya mampu memberikan api semangat baru bagi para Gadjah Mada Muda dalam mengawali setiap proses pembelajaran di kampus ini dengan penuh tanggung jawab untuk membentuk karakter mahasiswa sebagai insan progresif, kreatif, dan inovatif dengan menjunjung tinggi keutamaan jati diri Universitas Gadjah Mada,” kaa Rektor UGM, Prof. dr. Ova Emilia, dikutip dari laman UGM, Senin (31/7/2023).

Pada kesempatan ini, Ova berpesan sebagai pembelajar, mahasiswa UGM harus menyadari peran dan tanggung jawab selama menempuh pendidikan. Mahasiswa diharapkan dapat terus memupuk kapasitas kompetensi, semangat kolaborasi, kemampuan beradaptasi, kreativitas, serta inovasi sebagai budaya belajar kaum intelektual.

Baca juga: Unnes Resmi Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Kedokteran, Dibuka Besok

“Selamat mengikuti rangkaian kegiatan PPSMB Pionir Gadjah Mada Tahun 2023 dengan penuh kedisiplinan dan tanggung jawab. Jadikan kampus ini menjadi ladang pengembangan karakter dan kehidupan intelektual kalian, agar menjadi pribadi unggul dan berdampak bagi akselerasi peradaban negeri,” ujarnya.

Pada tahun ini UGM menerima 10.106 mahasiswa baru yang terdiri atas 8.317 mahasiswa Program Sarjana dan 1.789 mahasiswa Program Sarjana Terapan, jumlah tersebut tersebar di 93 program studi di 18 fakultas dan 1 sekolah.

Mahasiswa baru UGM berasal dari seluruh provinsi di Indonesia. Di samping itu terdapat pula mahasiswa dari Malaysia, Inggris, dan Jerman yang mengikuti Program Double Degree ataupun Program Sarjana.

Dalam pidatonya, Rektor UGM menerangkan, pendidikan merupakan salah satu elemen kunci untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara optimal dan membuka peluang masa depan.

UGM, terangnya, telah melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan komitmen pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, misalnya melalui program pemberdayaan daerah di Indonesia yang inovatif dan inklusif.

Selain itu, dengan program Kampus Merdeka Terarah, UGM membuka peluang bagi mahasiswa untuk melakukan pengayaan kompetensi maupun keterampilan secara tepat dan strategis. Program ini juga memfasilitasi kolaborasi mahasiswa lintas disiplin ilmu maupun kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1638 seconds (0.1#10.140)