FE UNJ Buka Pendaftaran Jalur Mandiri Kelas Internasional, Segini Biaya Kuliahnya

Senin, 31 Juli 2023 - 18:53 WIB
loading...
FE UNJ Buka Pendaftaran Jalur Mandiri Kelas Internasional, Segini Biaya Kuliahnya
FE UNJ akan membuka pendaftaran mahasiswa baru jalur mandiri kelas internasional pada 2 Agustus 2023. Foto/UNJ.
A A A
JAKARTA - Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (FE UNJ) membuka pendaftaran Seleksi Calon Mahasiswa Baru Jalur Mandiri Kelas Internasional untuk tiga Program Studi (Prodi) S1 unggulan. Ketiga prodi tersebut adalah S1 Akuntansi, S1 Manajemen (Bisnis Internasional), dan S1 Bisnis Digital.

Dekan FE UNJ Prof. Usep Suhud mengatakan, perkuliahan kelas internasional ini akan dimulai pada semester gasal tahun ajaran 2023/2024 pada tanggal 28 Agustus 2023. Proses perkuliahan akan dilakukan secara hibrid (daring dan luring) dengan bahasa pengantar Bahasa Inggris.

International Exposure pada Semester 5


Dia menuturkan, jumlah Satuan Kredit Semester (SKS) yang harus dipenhi mahasiswa adalah minimal 144 SKS. Menariknya, mahasiswa di kelas internasional ini berkesempatan mengikuti program international exposure di luar negeri pada semester 5 dan magang industri (Praktik Kerja Lapangan) selama satu semester pada semester 6 atau 7.

Prof. Usep Suhud menambahkan bahwa program ini merupakan kesempatan berharga bagi para calon mahasiswa yang tertarik untuk mengembangkan karier di bidang akuntansi, manajemen, dan bisnis digital serta mendapatkan pengalaman internasional yang berharga.

Baca juga: Apakah Lulusan Sarjana Pendidikan Bisa Bekerja Selain Guru? Ini Jawabannya

“Jangan lewatkan kesempatan ini dan segera daftarkan diri Anda!, ucap Prof. Usep Suhud, melalui siaran pers, Senin (31/7/2023).

Link Pendaftaran


Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui tautan http://pendaftaran.unj.ac.id mulai tanggal 2 Agustus 2023 hingga 9 Agustus 2023.

Akreditasi Program Studi


Prodi S1 Akuntansi sendiri merupakan salah satu prodi favorit nasional dengan tingkat keketatan tertinggi. Prodi ini telah berdiri sejak tahun 2005 dan saat ini telah memperoleh akreditasi nasional A. Prodi ini sedang dalam proses akreditasi internasional dari FIBAA Jerman.

Sementara itu, Prodi S1 Manajemen (Bisnis Internasional) juga membuka kelas internasional dengan peminatan Bisnis Internasional. Prodi ini didirikan pada tahun 2005 dengan akreditasi nasional A, dan sejak tahun 2023 tengah berproses untuk mendapatkan akreditasi internasional dari FIBAA Jerman. Setiap tahun, program studi ini selalu menjadi pilihan utama dengan tingkat keketatan tertinggi di tingkat nasional.

Selanjutnya, Program Studi S1 Bisnis Digital, meskipun merupakan prodi baru yang didirikan pada tahun 2021, namun telah menjadi salah satu prodi favorit nasional dengan tingkat keketatan yang sangat tinggi. Prodi ini telah memperoleh akreditasi Baik.

Persyaratan


Bagi calon peserta yang ingin mendaftar, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Mereka harus lulus dari SLTA (SMA/SMK/MA) tahun 2021, 2022, atau 2023, mengikuti tes Bahasa Inggris khusus yang diselenggarakan oleh UPT Pelayanan Bahasa UNJ, dan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UNJ.

Biaya Kuliah


Untuk biaya pendaftaran, calon peserta diwajibkan membayar sebesar Rp650.000. Sedangkan biaya uang kuliah untuk mahasiswa domestik dan asing per semester adalah Rp15.000.000,- dan uang sumbangan untuk mahasiswa domestik dan asing (dibayar sekali pada semester pertama saja) minimal sebesar Rp20.000.000,-.

Baca juga: Mulai Besok Unnes Resmi Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Kedokteran

Adapun biaya-biaya lain seperti international exposure, KKL Internasional, sertifikasi kompetensi, dan publikasi karya akhir tidak termasuk dalam biaya tersebut.

Proses pendaftaran dapat dilakukan dengan membuat akun pada laman pendaftaran yang telah disediakan dan mengisi semua informasi yang diminta. Setelah itu, calon peserta diharuskan untuk membayar biaya pendaftaran melalui bank yang ditunjuk sebelum mencetak kartu peserta sebagai tanda telah berhasil mendaftar.

Seleksi masuk akan dilakukan melalui ujian tulis dan wawancara secara daring. Materi ujian meliputi Tes Potensi Skolastik (TPS) yang terdiri dari bagian Verbal, Logika, dan Numerik, Tes Bahasa Inggris dengan skor minimal 450, serta wawancara dalam Bahasa Inggris.

Jadwal seleksi telah ditentukan, yaitu ujian tulis serta wawancara dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2023 secara luring dengan waktu pelaksanaan yang berbeda untuk masing-masing tes, disusul tes Bahasa Inggris secara daring, dan wawancara dalam bahasa Inggris secara luring.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2181 seconds (0.1#10.140)