Kemendikbudristek dan Danone Luncurkan Program Sekolah Sehat Generasi Maju

Selasa, 01 Agustus 2023 - 19:17 WIB
loading...
Kemendikbudristek dan Danone Luncurkan Program Sekolah Sehat Generasi Maju
Wali Kota Bogor Bima Arya menghadiri peluncuran Program Percontohan Sekolah Sehat Generasi Maju di SDN Bangka, Kota Bogor yang diinisiasi Kemendikbudristek dan Danone Indonesia, Senin (31/7/2023).Foto/Ist
A A A
BOGOR - Untuk mempersiapkan generasi sehat menuju Indonesia Emas pada 2045, Pemerintah terus berkolaborasi dengan pihak swasta. Salah satu upayanya yaitu dengan program edukasi yang fokus pada aspek gizi, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Sebagai upaya kongkrit, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggandeng Danone Indonesia meluncurkan Program Percontohan Sekolah Sehat Generasi Maju di SDN Bangka di Kota Bogor, Senin (31/7/2023).

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, lingkungan sekolah yang bersih dan sehat adalah syarat utama yang harus dipenuhi agar anak-anak merdeka dalam belajar dan berkarya. “Untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan, kita butuh generasi penerus yang kesehatan dan gizinya terjaga dengan baik,” ujar Nadiem dalam keterangan resminya, Selasa (1/8/2023)

Menurutnya, kolaborasi lintas sektor punya peran krusial membantu sekolah dalam upaya pemenuhan kebutuhan nutrisi dan pembiasaan gaya hidup sehat yang menjadi fokus utama dalam Kampanye Sekolah Sehat.

“Melalui kampanye Sekolah Sehat, kita bersama-sama mewujudkan 3S yaitu Sehat Bergizi, Sehat Fisik dan Sehat Imunisasi,” lanjut Nadiem. Dengan tercapainya tiga tujuan ini, menteri termuda di jajaran Kabinet Indonesia Maju ini berharap anak-anak Indonesia dapat menjadi generasi yang kuat dan tangguh agar siap memajukan bangsa Indonesia.“Oleh karena itu, kami mengapresiasi inisiatif Danone Indonesia selaku mitra untuk menyelenggarakan program percontohan Sekolah Sehat Generasi Maju tingkat sekolah dasar,”ungkapnya.



Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto menyambut baik kerja sama dengan Kemendikbudristek untuk menyukseskan program Kampanye Sekolah Sehat. “Kemitraan dengan Kemendikbudristek melalui program percontohan ini menjadi salah satu bentuk komitmen kami untuk bersama-sama memperkuat pendidikan, kesehatan dan kualitas hidup masyarakat di masa depan,” ujar Vera.

Bersamaan dengan peluncuran program percontohan ini, Kemendikbudristek bersama Danone Indonesia juga meluncurkan buku Program Edukasi Gizi, Kesehatan, dan Pola Asuh Sekolah Dasar yang dapat digunakan oleh guru-guru SD untuk memberi edukasi kepada anak usia 7 hingga 12 tahun.

Buku yang digarap IPB University ini berisikan materi tentang pentingnya tumbuh kembang, gizi seimbang, promotif gaya hidup bersih dan sehat, serta pola asuh yang optimal.Vera mengatakan, hadirnya berbagai program edukasi yang dilakukan dalam program percontohan ini diharapkan bisa menjadi sumber bahan ajar.

"Sehingga dapat mendorong adanya peningkatan pengetahuan dan perubahan perilaku tentang gizi seimbang, jajanan bernutrisi dan sehat, serta manajemen sampah yang baik di lingkungan sekolah," ujarnya.

Untuk mengetahui dampak dari program ini, IPB University akan melakukan evaluasi di 9 – 10 sekolah yang terjangkau melalui studi pengetahuan, sikap dan perilaku. “Melalui studi komprehensif ini, diharapkan nantinya program percontohan ini dapat menjadi contoh praktik baik pelaksanaan Kampanye Sekolah Sehat yang dapat direplikasi oleh berbagai pihak,” tutur Vera.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1922 seconds (0.1#10.140)