Mahasiswa Baru UI, Ini Jadwal Pelayanan dan Rute Bus Kuning atau Bikun

Rabu, 02 Agustus 2023 - 15:38 WIB
loading...
Mahasiswa Baru UI, Ini Jadwal Pelayanan dan Rute Bus Kuning atau Bikun
Jadwal pelayanan dan rute Bus Kuning UI atau Bikun yang perlu diketahui mahasiswa baru UI. Foto/Dok/UI.
A A A
JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) memiliki transportasi massal andalan yang dinamakan Bus Kuning. Sering disingkat Bikun, bus ini menjadi moda transportasi andalan ke semua fakultas dan ke stasiun kereta.

Bus kuning yang menjadi layanan gratis transportasi intrakampus dan juga andalan bagi mahasiswa dan civitas akademika UI ini memiliki 13 armada yang wara wiri setiap harinya.

Dinamakan bus kuning juga karena bus ini dicat warna kuning, warna yang menjadi ikon dari Universitas Indonesia yang memiliki arti cerah dan mampu memancarkan keceriaan, kehangatan, serta semangat baru.

Bikun UI kebanyakan berupa bus besar dengan posisi tempat duduk memanjang dari ujung pintu depan ke belakang di sisi kiri kanan bus. Rute Bikun UI terbagi dua rute.

Jadwal Pelayanan


Senin-Jumat: 7.00-19.00 WIB
Sabtu: 7.00-12.00 WIB

Mahasiswa pengguna bus kuning pun perlu memerhatikan rambu-rambu yang ada. Misalnya pada jendela depan bus ada papan bertuliskan Lurus dan Belok Kanan yang menjadi rute bus.

Papan bertuliskan Belok Kanan menjadi penanda bahwa rute bus ini akan menuju fakultas Teknik.

Sedangkan papan bertuliskan Lurus menunjukkan rute bus kuning yang sedang beroperasi itu menuju Fakultas Hukum.

Dikutip dari laman Kemahasiswaan UI, berikut ini rute Bus kuning UI baik yang Lurus dan juga Belok Kanan.

Rute Bikun UI

Rute Lurus


Halte Asrama – Halte Menwa – Halte Stasiun UI — Halte Fakulta Hukum —Halte Pondok Cina — Halte RIK – Halte FIK —Halte Fasilkom Baru-Halte FMIPA- Halte SOR-Halte Vokasi-Halte FET-Halte FEB-Halte FISIP-Halte Psikologi-Halte Stasiun UI-Halte Menwa-Kembali ke Halte Asrama

Rute Belok Kanan


Halte Asrama – Halte Menwa – Halte Stasiun UI – Halte Fakultas Psikologi – Halte FISIP – Halte FeB – Halte FEB – Halte Fakultas Teknik – Halte Stadion/Vokasi – Halte SOR – Halte FMIPA – Halte Fasilkom Baru Pocin – Halte Halte FIK- Halte FKM – Halte RIK - Halte Pondokcina - Halte Masjid UI - Halte FH - Halte Stasiun UI - Halte Menwa - Halte Asrama.

Oh iya, kalian juga bisa memantau pergerakan dan mengecek jadwal Bikun secara real time yang sedang berkeliling di UI. Caranya dengan mengakses web-app Bikun Tracker yang merupakan hasil kolaborasi Ristek Fakultas Ilmu Komputer UI dan Hive Fakultas Teknik UI.

Demikian jadwal pelayanan dan rute bus kuning UI yang perlu diketahui mahasiswa baru UI. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1933 seconds (0.1#10.140)