UT Berhasil Naik 8 Peringkat di Webometrics Edisi Juli 2023

Rabu, 02 Agustus 2023 - 16:04 WIB
loading...
UT Berhasil Naik 8 Peringkat di Webometrics Edisi Juli 2023
Universitas Terbuka (UT) berhasil naik 8 peringkat di Webometrics edisi Juli 2023. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - U niversitas Terbuka (UT) berhasil meningkatkan peringkatnya di pemeringkatan dunia Webometrics . Hal ini menjadi wujud UT yang ingin meningkatkan kualitas di bidang Tridarma Perguruan Tinggi.

Webometrics merupakan salah satu lembaga pemeringkatan untiversitas terkemuka yang digunakan dan diacu oleh 12.002 universitas di seluruh dunia.

Webometrics adalah sistem pemeringkatan universitas di seluruh dunia yang menggunakan indikator gabungan sebagai berikut.

1. Visibility (atau Impact), yaitu pengaruh dari konten Web dengan bobot 50%.
2. Transparancy (atau Opennes), yaitu para peneliti yang paling banyak disitasi dengan bobot 10%.
3. Excellence, yaitu publikasi ilmiah yang paling banyak disitasi dengan bobot 40%.

Sistem pemeringkatan Webometrics diterbitkan Cybermetrics Lab, sebuah kelompok penelitian yang terafiliasi dengan Spanish National Research Council (CSIC) di Madrid, Spanyol. Pemeringkatan Webometrics diperbaharui pada Januari dan Juli setiap tahun.

Baca juga: Pendaftaran Universitas Terbuka Jalur Non RPL Terakhir 8 Agustus, Awas Jangan Kelewat

Kepala Subdit Hubungan Masyarakat dan Pemasaran UT Maya Maria mengatakan, UT sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) sekaligus pelopor Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh di Indonesia memiliki komitmen yang kuat untuk terus meningkatkan kualitas di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Ini termasuk juga dalam penyajian informasi dan layanan akademik berbasis website yang dinilai Webometrics dan masuk pada salah satu item penilaian Indeks Kinerja Utama (IKU) universitas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

"Dengan segenap usaha dan kerja sama dari unsur pimpinan dan semua stakeholders, UT berhasil meningkatkan peringkat Webometrics perguruan tinggi di Indonesia, " katanya, melalui siaran pers, Rabu (2/8/2023).

Pada pemeringkatan Webometrics, UT berada di peringkat 68 pada pemeringkatan Januari 2023. Namun pada pemeringkatan edisi Juli posisi UT naik di peringkat 60 Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3727 seconds (0.1#10.140)