Mahasiswa Baru UIN Walisongo Jangan Hanya Kuliah Tapi Harus Jadi Pemimpin

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 14:52 WIB
loading...
Mahasiswa Baru UIN Walisongo Jangan Hanya Kuliah Tapi Harus Jadi Pemimpin
Jurnalis Najwa Shihab berharap mahasiswa baru UIN Walisongo tak hanya kuliah tetapi juga bisa meniti karier menjadi pemimpin bangsa. Foto/Humas UIN Walisongo
A A A
SEMARANG - Sebagai generasi penerus bangsa, idealnya mahasiswa setelah lulus bukan hanya mencari kerja tetapi harus meniti karier menjadi seorang pemimpin.“Pemimpin bangsa tidak lahir hanya berdiam diri di kelas namun mereka yang berani mencari tahu, berani bersikap dan berpihak pada publik dan republik,”ujar jurnalis senior Najwa Shihab dalam Orasi Ilmiah pada acara Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan(PBAK) UIN Walisongo Semarang tahun 2023, Jumat (4/8/2023).

Kegiatan PBAK berlangsung selama tiga hari dari tanggal 4-6 Agustus 2023. Kegiatan ini diikuti oleh 4.682 mahasiswa baru yang tergabung dalam Generasi Walisongo(Genwa) 2023. Sebelumnya kegiatan PBAK dibuka oleh Rektor UIN Walisongo Semarang yaitu Prof.Dr.Imam Taufiq,M.Ag.



Najwa dalam paparannya juga menyampaikan esensi dari mahasiswa serta tanggungjawab mereka untuk melakukan perubahan.“Mahasiswa berasal dari kata maha dan siwa. Dewa Siwa yang menghancurkan keburukan. Bisa berasal juga dari kata Wasis yang berarti pintar atau pandai. Mahasiswa diharapkan bisa menjadi orang yang punya keinginan besar untuk menjadi baik,” tambah jurnalis yang dikenal kritis tersebut.

Putri ulama Quraish Shihab ini menilai, mahasiswa kuliah idealnya bukan sekedar mengejar IPK tinggi, tapi juga melatih skil dan membangun jejaring yang luas. Najwa mengatakan, UIN Walisongo merupakan kampus yang paling tepat untuk long life learner. Meski awalnya memiliki kesan kampus UIN Walisongo gedungnya megah, tetapi dirinya menilai mahasiswa UIN mencerminkan kemoderan, progresif dan terbuka dengan ide-ide terbaru.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3350 seconds (0.1#10.140)