Mengenal Kagama, Organisasi Alumni UGM yang Diketuai Ganjar Pranowo

Selasa, 08 Agustus 2023 - 09:56 WIB
loading...
Mengenal Kagama, Organisasi Alumni UGM yang Diketuai Ganjar Pranowo
Ganjar Pranowo merupakan alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) yang tergabung dalam Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama). Foto/Dok Humas UGM
A A A
JAKARTA - Ganjar Pranowo merupakan alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) yang tergabung dalam Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada ( Kagama ).Ganjar pernah menjadi mahasiswa Fakultas Hukum UGM dan lulus tahun 1995.

Saat ini Ganjar Pranowo berstatus sebagai Ketua Umum Kagama periode 2019-2024. Mendengar istilah Kagama, sebagian orang mungkin sudah mengetahuinya.

Organisasi ini berisikan para alumni UGM. Untuk mengenalnya lebih jauh, SINDOnews telah merangkum tentang Kagama sebagai berikut.

Apa Itu Kagama?

Merujuk pada pengertiannya, Kagama merupakan singkatan dari Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada. Sesuai namanya, organisasi ini beranggotakan para alumni UGM.



Mengutip laman resminya, organisasi persatuan alumni ini mulai digagas pada 1956. Dalam hal ini, para alumni generasi pertama UGM berperan penting pada pembentukannya.

Pada perkembangannya, organisasi ini telah dilakukan sejumlah pertemuan yang melibatkan alumni dari berbagai fakultas. Saat momen peringatan Dies Natalis UGM tahun 1958, Ir. Suwarno mendapat dorongan untuk menyelenggarakan musyawarah para alumnus UGM pertama dengan mengundang alumni dari berbagai kota di Yogyakarta pada 18 Desember 1958.

Berdasarkan musyawarah yang berlangsung, lahir organisasi bernama “Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada” atau disebut Kagama. Lebih lanjut, ditetapkan pula 18 Desember 1958 sebagai tanggal lahirnya organisasi ini.

Visi dan Misi Kagama

- Visi

Menjadi pelopor organisasi alumni perguruan tinggi yang modern, unggul dan inovatif, serta mengabdikan diri untuk kepentingan bangsa dan kemanusiaan yang dijiwai nilai-nilai luhur budaya bangsa berlandaskan moral Pancasila.



- Misi

Meningkatkan peran dan relevansi alumni melalui pengembangan kompetensi dan karier, jejaring alumni, advokasi kebijakan serta pengabdian masyarakat dalam wadah KAGAMA berlandaskan nilai-nilai Pancasila.

Ganjar Pranowo Ketua Kagama

Saat ini Ketua Umum Kagama dijabat oleh Ganjar Pranowo. Sebelumnya, dia terpilih menjadi ketua Kagama untuk periode 2019-2024 pada Munas Kagama ke XIII di Sanur, Denpasar tahun 2019.

Pemilihan ketua umum dilakukan melalui aklamasi dalam sidang pleno Musyawarah Nasional (Munas) XIII Kagama. Momen ini menandai kembali terpilihnya Ganjar sebagai Ketua Umum Kagama selama dua periode berturut-turut.

Demikian ulasan mengenai Kagama, organisasi alumni UGM yang diketuai Ganjar Pranowo.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2442 seconds (0.1#10.140)