7 Karier Pekerjaan Lulusan Jurusan Akuntansi, Mana yang Paling Dibutuhkan Dunia Bisnis?

Selasa, 08 Agustus 2023 - 11:30 WIB
loading...
7 Karier Pekerjaan Lulusan Jurusan Akuntansi, Mana yang Paling Dibutuhkan Dunia Bisnis?
Profesi konsultan pajak sudah pasti sangat dibutuhkan di dunia bisnis saat ini. Konsultan pajak bisa bekerja kepada perusahaan maupun individu dengan kekayaan cukup besar. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini prospek kerja terbaik lulusan Jurusan Akuntansi yang harus kamu ketahui. Jurusan Akuntasni merupakan salah satu jurusan kuliah yang memiliki banyak peminat dari tahun ke tahun.

Mengapa demikian? Ya dikarenakan prospek pekerjaan lulusan jurusan Akuntansi begitu luas sehingga bisa masuk ke bidang mana saja setelah lulus, terutama dalam dunia bisnis yang selalu membutuhkan ahli Akuntansi.Dirangkum dari berbagai sumber, ini deretan peluang kerja bagus lulusan jurusan Akuntansi

7 Daftar Prospek Kerja dari Lulusan Jurusan Akuntansi

1. Akuntan Publik


Kamu bisa mendapatkan posisi pekerjaan ini di perusahaan maupun individual.Seorang akuntan publik biasanya bertugas untuk mempersiapkan dan menganalisa dokumen serta laporan keuangan. Dalam pekerjaan ini, kamu juga perlu untuk memahami regulasi perpajakan yang ada.

Biasanya seorang akuntan publik juga perlu untuk memperbarui dokumen keuangan serta pencatatan data dari sebuah perusahaan tempatnya bekerja.Dalam bekerja sebagai akuntan publik, kamu perlu untuk memiliki izin secara resmi yang dikeluarkan oleh Menteri Keuangan. Kamu juga bisa memilih untuk bekerja dengan berbagai badan usaha yang ada.

Lingkup kerja yang dimiliki oleh profesi ini bisa dibilang cukup luas. Mulai dari melakukan pemeriksaan, pembuatan laporan keuangan, audit, serta dalam sektor perpajakan.Berkaitan dengan gajinya, seorang fresh graduate biasanya bisa mendapatkan gaji sekitar Rp5 juta untuk tiap bulannya.

2. Analis Keuangan


Dalam pekerjaan ini, kamu perlu untuk memiliki kemampuan dalam membaca data serta mengambil keputusan yang berkaitan dengan masalah keuangan.Selain itu, seorang analis keuangan juga perlu untuk memahami berbagai faktor dalam kondisi ekonomi perusahaan meliputi di antaranya:

1. Program investasi

2. Perkiraan prospek ekonomi yang ada

3. Penyusunan strategi keuangan yang dimiliki oleh sebuah lembaga

Jika kamu ingin mendalami profesi ini, maka bisa dengan mencari program sertifikasi profesional yang ada. Nantinya kamu akan mendapatkan gelar yaitu Certified Financial Analyst atau CFA.

3. Konsultan Pajak

Perpajakan sendiri menjadi salah satu cabang peminatan yang ada di dalam perkuliahan jurusan Akuntansi. Saat kamu memilih jurusan ini, maka nantinya bisa menjadi seorang konsultan pajak.

Pekerjaan ini memiliki tanggung jawab untuk memberikan konsultasi yang berkaitan dengan perpajakan. Biasanya pihak yang menerima konsultasi tersebut bisa dari para wajib pajak.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1624 seconds (0.1#10.140)