6 Fakta Amadeo Yesa, Mahasiswa ITS Peraih Nilai UTBK Tertinggi yang Suka Matematika

Kamis, 10 Agustus 2023 - 07:35 WIB
loading...
6 Fakta Amadeo Yesa, Mahasiswa ITS Peraih Nilai UTBK Tertinggi yang Suka Matematika
Amadeo Yesa, mahasiswa ITS peraih nilai UTBK tertinggi di Indonesia. Foto/Humas ITS.
A A A
JAKARTA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menerima mahasiswa baru yang pada SNBT 2023 lalu meraih nilai UTBK tertinggi di Indonesia. Dia bernama Amadeo Yesa.

Pada konferensi pers hasil seleksi Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 Juni lalu, Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) mengumumkan 20 pendaftar yang diterima di SNBT dengan nilai UTBK tertinggi.

Tidak ada nama yang disampaikan dari daftar tersebut, melainkan hanya nama perguruan tinggi, jenjang pendidikan, program studi, serta nilai UTBK yang diterima oleh mahasiswa tersebut.

Ternyata yang meraih nilai UTBK tertinggi di Indonesia bernama Amadeo Yesa, mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) program studi S1 Teknik Informatika dengan nilai UTBK 827,94.

Amadeo bersanding dengan mahasiswa di Universitas Gadjah Mada, prodi S1 Kedokteran dengan nilai UTBK 827,00, Universitas Indonesia, prodi S1 Ilmu Komputer dengan nilai UTBK 818,51, Institut Teknologi Bandung, prodi S1 Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI)-Komputasi, dengan nilai UTBK 816,40, dan mahasiswa UPN Veteran Jakarta, prodi S1 Kedokteran dengan nilai UTBK 811,81.

Bagi kalian yang ingin mengenal Amadeo, berikut ini sekilas profilnya.

Baca juga: Profil Amadeo Yesa, Maba ITS 2023 Peraih Nilai UTBK Tertinggi di Indonesia

6 Fakta Amadeo Yesa

1. Alumnus SMA Katolik Rajawali Makassar


Mahasiswa kelahiran Surabaya, 25 Juli 2005 ini ternyata merupakan alumnus SMA Katolik Rajawali Makassar (SMAKARA). Di laman resmi SMAKARA, foto Amadeo Yesa dipampangkan dalam daftar siswa berprestasi sekolah tersebut. Amadeo ternyata pernah meraih juara 1 Kimia Tengah dan Timur (Indonesia Regional Competition (IRC) pada 2022.

2. Penyuka Mata Pelajaran Matematika


Jika anak-anak lain menghindari pelajaran Matematika karena dianggap susah, Deo, panggilan akrabnya ternyata menyukai pelajaran Matematika sejak lama.

“Kebetulan karena saya memang suka mata pelajaran matematika sejak dulu,” ungkapnya, melalui siaran pers dari Humas ITS, dikutip Kamis (10/8/2023).
6 Fakta Amadeo Yesa, Mahasiswa ITS Peraih Nilai UTBK Tertinggi yang Suka Matematika

Amadeo Yesa. Foto/Humas ITS

Kesukaannya akan Matematika ini lah yang mengantar Deo unggul pada kategori sub tes Penalaran Matematika dengan nilai 952,23 hingga dia juga berhasil menyandang peraih nilai UTBK tertinggi di Indonesia.

3. Gagal Masuk ITS Lewat SNBP, Tembus di SNBT


Ternyata awalnya Deo ingin masuk ITS jurusan Teknik Informatika melalui jalur undangan atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) namun sayangnya dia gagal lolos di jalur undangan ini.

Kegagalannya ini tak menyurutkan tekad Deo untuk mantap kuliah di ITS. Bahkan dia menempatkan jurusan Teknik Informatika ITS ini sebagai pilihan pertama dan satu-satunya di penerimaan mahasiswa baru 2023.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1550 seconds (0.1#10.140)