FTUI Berkomitmen Hadirkan Solusi Ramah Lingkungan di Industri Automotif Nasional

Rabu, 09 Agustus 2023 - 20:30 WIB
loading...
FTUI Berkomitmen Hadirkan Solusi Ramah Lingkungan di Industri Automotif Nasional
Presiden Jokowi dan Menkeu Sri Mulyani menyambangi booth bus listrik hasil karya FTUI dalam pameran LPDP Festival 2023 di Jakarta beberapa waktu lalu. Foto/Dok FTUI
A A A
JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) melalui Fakultas Teknik (FTUI) bakal terus berkomitmen dan berkontribusi menghadirkan solusi ramah lingkungan khususnya di industri automotif nasional dan secara umum bagi Indonesia agar terus bertransformasi menjadi negara yang ramah lingkungan.

"Kami di UI berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam menghadirkan solusi ramah lingkungan dan berkelanjutan di industri automotif nasional, serta mendukung transformasi menuju mobilitas masa depan yang lebih bersih dan berkelanjutan,”ujar Direktur Research Center for Advanced Vehicles (RCAVe) FTUI Feri Yusivar dalam keterangan resminya, Rabu (9/8/2023).

Feri mengaku pihaknya sangat senang dengan apresiasi yang diberikan Presiden Joko Widodo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani atas partisipasi RCAve FTUI dalam pameran Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Festival 2023 di Kasablanka Hall, Tebet, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, RCAVe FTUI berpartisipasi dalam pameran LPDP Festival 2023. Bahkan saat itu Presiden Jokowi dan Menkeu Sri Mulyani turut menyambangi booth bus listrik hasil karya para dosen dan peneliti FTUI. Pada pameran LPDP 2023 ini, RCAve FTUI menampilkan komponen inovatif dari sistem propulsi bus listrik UI, antara lain Inverter Motor Control, Vehicle Control Unit (VCU), Power Distributed Unit (PDU), Dashboard, dan Hybrid Control Unit (HCU).

“Presiden Joko Widodo terkesan dengan semangat inovasi dan dedikasi yang tinggi dari para peneliti yang tergabung dalam RCAVe," lanjut Feri. Menurut Feri dengan adanya apresiasi dari Jokowi, pihaknya bakal terus berkomitmen menghadirkan solusi bagi Indonesia agar terus bertransformasi menjadi negara yang ramah lingkungan.

"Kami di UI juga berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam menghadirkan solusi ramah lingkungan dan berkelanjutan di industri automotif nasional, serta mendukung transformasi menuju mobilitas masa depan yang lebih bersih dan berkelanjutan,” imbuhnya.


Feri mengatkan, keberadaan bus listrik UI terwujud berkat dukungan pemerintah melalui LPDP yang menginvestasikan dana sebesar Rp12,65 miliar untuk pengembangan platform bus listrik dan dana Rp5 miliar lainnya untuk pengembangan sistem penggerak (motor listrik) oleh UI.

"Sebagai langkah awal, RCAVe telah berhasil mengganti komponen-komponen yang sebelumnya diimpor dengan komponen dalam negeri. Melalui komitmen untuk terus berinovasi pada komponen-komponen baru yang lebih efsien dan ramah lingkungan, kami harap nantinya RCAVe dapat menghasilkan seluruh komponen bus listrik secara mandiri,” sambungnya.

Di sisi lain, Dekan FTUI, Heri Hermansyah mengatakan, adanya besutan listrik dalam negeri ini adalah bagian dari kontribusi UI untuk Indonesia."Hal ini sejalan dengan komitmen FTUI untuk memberikan kontribusi sebagai kampus teknik terbaik di Indonesia dalam menghadirkan teknologi yang berdampak positif, yang diantaranya bagi kemajuan sektor transportasi berkelanjutan," pungkasnya.

LPDP Festival 2023 yang bertema "Enlivening Indonesia, Advancing The Nation" menjadi wadah diseminasi pemerintah melalui LPDP dalam membangun sumber daya manusia (SDM) berkualitas serta menjadi wajah perjalanan LPDP selama 11 tahun berkarya.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1214 seconds (0.1#10.140)