Perkuat Lulusan Sarjana Terapan, Unpad akan Kembangkan Program Pendidikan Vokasi

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 12:38 WIB
loading...
Perkuat Lulusan Sarjana Terapan, Unpad akan Kembangkan Program Pendidikan Vokasi
Untuk memperkuat sistem pendidikan sarjana terapan, Unpad akan mengembangkan program pendidikan vokasi. Foto/Unpad.
A A A
JAKARTA - Universitas Padjadjaran (Unpad) tengah berproses untuk mengembangkan Program Pendidikan Vokasi . Pengembangan ini salah satunya bertujuan untuk meningkatkan kualitas lulusan program Vokasi di Unpad.

Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti mengatakan, pendidikan vokasi di Unpad sudah dimulai dengan pembukaan program Diploma III sejak lama dan kemudian ditransformasi menjadi Program Diploma IV atau Sarjana Terapan sejak 2016.

Prof Rina menjelaskan, penyelenggaraan program Vokasi di Unpad digelar dengan harapan lulusannya harus memiliki keahlian atau keterampilan tertentu.yang berbeda dengan lulusan Sarjana reguler.

“Sekarang kami ingin fokus bagaimana janji kita bahwa mahasiswa terapan kita punya keahlian sesuai bidang terapan ilmunya. Maka, untuk keahlian tertentu perlu semacam wadah, maka kita dirikan Program Pendidikan Vokasi,” katanya, dikutip dari laman Unpad, Sabtu (12/8/2023).

Baca juga: Golden Ticket IPB University untuk 15 Ketua OSIS Terbaik, Berikut Daftar Namanya

Dengan demikian, pengembangan Program Pendidikan Vokasi dilakukan untuk memastikan setiap mahasiswa vokasi di Unpad harus memiliki keahlian atau keterampilan tertentu saat lulus nanti. Keahlian lulusan ini diakui melalui adanya sertifikasi, didukung dengan kurikulum yang menitikberatkan pada praktik, hingga akrab dengan dunia kerja.

Lebih lanjut Rektor mengatakan, pada pengembangan Program Pendidikan Vokasi di Unpad, mahasiswa tetap tercatat di fakultasnya masing-masing sesuai program studinya. Program ini lebih difokuskan untuk memastikan bahwa unsur praktik dan sertifikasi dilakukan sesuai dengan harapan Unpad. Hal ini kemudian akan dikelola oleh Program Pendidikan Vokasi.

“Jadi di masa transisi ini, mahasiswa akan punya ‘dua rumah’. Kalau ketemu mahasiswa di fakultas, tetapi kalau kegiatan praktik dan sertifikasi di Program Pendidikan Vokasi. Isinya khusus mahasiswa Vokasi,” ujarnya.

Melalui Program Pendidikan Vokasi, Unpad memastikan unsur praktik dalam kurikulum harus memenuhi standar yang sudah ditetapkan dalam Peraturan Rektor, yaitu minimal 50 persen.

Selain itu, kata Rektor, Unpad juga memastikan kejelasan capaian dan kompetensi yang akan dimiliki mahasiswa vokasi sesuai dengan bidang studi yang dipilihnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2038 seconds (0.1#10.140)