Kemendikbudristek Fasilitasi Program Magang Lulusan LKP Perhotelan-Kapal Pesiar

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 18:00 WIB
loading...
Kemendikbudristek Fasilitasi Program Magang Lulusan LKP Perhotelan-Kapal Pesiar
Direktur Kursus dan Pelatihan Kemendikbudristek Wartanto. Foto/BKHM.
A A A
JAKARTA - Kemendikbudristek memfasilitasi kerja sama PT Pelni dengan Forum Kursus Perhotelan-Kapal Pesiar Indonesia (FKPKPI). Hal ini untuk mempersiapkan lulusan industri perhotelan -kapal pesiar yang profesional serta berdaya saing.

Direktur Kursus dan Pelatihan (Dirsuslat), Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek Wartanto, mengatakan, kerja sama ini diharapkan akan meningkatkan daya serap lulusan LKP bidang perhotelan-kapal pesiar di seluruh Indonesia.

“Selain itu juga akan memperluas kesempatan magang industri untuk instruktur dan peserta didik LKP, sehingga penyerapan lulusan LKP perhotelan-kapal pesiar juga semakin baik,” katanya, melalui siaran pers, Sabtu (12/8/2023).

Kolaborasi tersebut diwujudkan dalam penandatanganan Nota Kesepahaman/Memorandum of Understanding. Penandatanganan perjanjian kerja sama dilaksanakan pada hari Jumat, (11/8/2023), di Kapal Motor (KM) Kelud, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Baca juga: 8 Pekerjaan Paling Dicari dalam 5 tahun Mendatang dan Kampus Pilihannya

Wartanto menambahkan, penandatanganan kerja sama antara PT Pelni dengan FKPKPI ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada instruktur dan peserta didik dalam melaksanakan program magang industri.

Tidak hanya berdampak kepada instruktur dan lulusan LKP, perjanjian kerja sama ini pun dapat menjadi arahan untuk merancang kurikulum berbasis industri sesuai dengan kebutuhan dan memberikan penjaminan mutu kompetensi para karyawan PT Pelni dengan pelaksanaan uji kompetensi.

“Indonesia juga dapat memenuhi kebutuhan SDM bidang perhotelan dan kapal pesiar melalui pendidikan vokasi, mulai dari pendidikan nonformal seperti kursus maupun politeknik maupun SMK,” ujarnya.

Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum PT Pelni, Rainoc, menyampaikan semangatnya terkait kerja sama ini. Menurutnya, penandatanganan kerja sama dapat memenuhi kebutuhan SDM PT Pelni.

“Kerja sama ini tidak hanya memperkuat kolaborasi antara LKP dan industri, dalam hal ini Pelni. Namun, juga menjadi solusi bagi kami untuk mengatasi kebutuhan tenaga kerja kapal pesiar yang sangat tinggi di Pelni sehingga kami bisa selalu mendapatkan tenaga kerja dengan kompetensi yang sudah terjamin dari LKP saat membutuhkannya,” jelasnya
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1107 seconds (0.1#10.140)