15 Politeknik Kesehatan Pilihan Mahasiswa di Seluruh Indonesia, Ada di Kotamu?

Minggu, 13 Agustus 2023 - 15:05 WIB
loading...
15 Politeknik Kesehatan Pilihan Mahasiswa di Seluruh Indonesia, Ada di Kotamu?
Poltekkes Kemenkes Jakarta II yang memiliki tujuh program studi merupakan salah satu Poltekkes favorit mahasiswa di ibu kota. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 15 Politeknik Kesehatan yang direkomendasikan untuk calon mahasiswa. Politeknik Kesehatan atau yang biasa sering disebut sebagai Poltekkes Kemenkes, merupakan perguruan tinggi di bawah Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Poltekkes Kemenkes didirikan untuk mencetak tenaga kesehatan profesional dan kompeten di bidangnya.

Kampus Politeknik Kesehatan biasannya tersedia program Diploma III dan Diploma IV seperti kebidanan, keperawatan, fisioterapi, rekam medis, hingga teknobiomedik. Merujuk perangkingan Webometrics tahun 2022, ini daftar 15 Politeknik Kesehatan terbaik di Indonesia

Daftar 15 Politeknik Kesehatan Favorit Mahasiswa di Seluruh Indonesia

1. Poltekkes Semarang


Kampus Poltekkes Kemenkes Semarang atau biasa disebut Polkesmar adalah kampus poltekkes favorit yang berada di wilayah Jawa Tengah. Kampus ini kini memiliki delapan jurusan favorit yang menjadi dambaan para lulusan SMA, meliputi Jurusan Keperawatan, Kebidanan, Gizi, TRR, Keperawatan Gigi, Kesehatan Lingkungan, Analisis Kesehatan.

2. Poltekkes Jakarta I

Yang menjadi terbaik kedua selanjutnya ada Poltekkes Jakarta I. Kampus ini memiliki empat jurusan, antara lain Jurusan keperawatan, Keperawatan gigi, Kebidanan, dan Ortotik prostetik.

3. Poltekkes Kemenkes Malang


Politeknik Kesehatan Malang menjadi salah satu politeknik kesehatan yang menduduki 100 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Kampus yang terletak di kota Malang ini memiliki 24 program studi kesehatan yang tentunya sudah memiliki kualitas terbaik.

4. Poltekkes Yogyakarta


Poltekkes yang terletak di Kota Gudeg ini ternyata juga memiliki kualitas sangat baik. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta juga menyediakan program studi kesehatan dengan kualitas terbaik. Kampus ini memiliki enam jurusan, yaitu Teknologi Laboratorium Medis, keperawatan, kebidanan, gizi, keperawatan gigi, dan kesehatan lingkungan.



Untuk masuk kampus ini, terdapat tiga jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SIPENMARU) yaitu Jalur seleksi Penelusuran Minat dan Prestasi (PMDP), Uji tulis dan Mandiri. Berikut ini link yang dapat ditelusuri agar Sobat Miku dapat lebih mengenal kampus ini.

5. Poltekkes Gorontalo


Bagi kamu yang berada di wilayah Indonesia timur, kampus Poltekkes Gorontalo bisa kamu jadikan tujuan studi. Kampus yang memiliki 1.271 mahasiswa aktif ini memiliki lima program studi andalan, yaitu gizi, farmasi, kebidanan, keperawatan, dan sanitasi lingkungan.

6. Poltekkes Makassar


Poltekkes Kemenkes Makassar merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang berada di bawah naungan Kementerian Kesehatan RI. Poltekkes Makassar memiliki akreditasi B dan memiliki 8 jurusan meliputi Analisis Kesehatan, farmasi, fisioterapi, Gizi, Kesehatan Lingkungan, Keperawatan Gigi, Keperawatan, Kebidanan.

7. Poltekkes Jakarta II


Poltekkes Kemenkes Jakarta II memiliki tujuh program studi di dalamnya. Beberapa program studi yang ada antara lain Teknologi Elektromedik, Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi, Teknik Gigi, Gizi, Kesehatan Lingkungan, Analis Farmasi dan Makanan, dan Farmasi.

8. Poltekkes Tanjung Karang

Poltekkes Kemenkes Tanjung Karang berada di wilayah Lampung,. Jadi, bagi kamu yang berada di wilayah Sumatera, kampus Poltekkes ini bisa jadi pilihan.

9. Poltekkes Palembang


Masih berada di wilayah Sumatera, kampus Poltekkes Palembang juga menjadi salah satu kampus terbaik di urutan webometrics. Kampus ini memiliki 16 program studi yang terdiri dari program DIII, DIV, dan program profesi.

10. Poltekkes Denpasar


Poltekkes Kemenkes Denpasar memiliki jurusan andalan seperti halnya jurusan keperawatan, kebidanan, kesehatan gigi, gizi, kesehatan lingkungan, dan teknologi laboratorium medis.


11. Poltekkes Kalimantan Timur


Poltekkes Kalimantan ini bertempat di Samarinda. Poltekkes ini memiliki 5 Jurusan yang menjadi favorit calon mahasiswa antara lain keperawatan, kebidanan, teknik Laboratorium Medis, Gizi dan Dietetika, Promosi Kesehatan.

12. Poltekkes Surakarta


Poltekkes Kemenkes Surakarta adalah kampus kesehatan di wilayah Jawa Tengah khususnya Kota Solo. Kampus ini punya program studi yang sangat keren seperti terapi wicara, okupasi terapi, okupasi prostetik, fisioterapi, akupunktur, keperawatan, dan kebidanan.

13. Poltekkes Medan


Kamu berasal dari kota Medan? Poltekkes Medan bisa menjadi tujuan selanjutnya untuk melanjutkan pendidikan. Pendaftaran Poltekkes Medan dapat melalui sipenmaru. Poltekkes ini punya 7 jurusan yang menjadi idaman meliputi Analisis Kesehatan, Farmasi, Gizi, Keperawatan, Keperawatan Gigi, Kesehatan Lingkungan, Kebidanan. Poltekkes ini juga sudah memiliki Akreditasi B

14. Poltekkes Bandung


Dengan akreditasi B, Poltekkes Bandung kampus ini sudah pasti menjadi idola di Bandung. Jika ingin masuk kampus ini kamu bisa masuk melalui jalur Penelusuran Minat dan Prestasi (PMDP) yaitu jalur tanpa menggunakan tes, yang berdasarkan pada nilai Rapor dan prestasi lainnya.

15. Poltekkes Aceh


Kalau kamu warga Aceh dan mencari kampus favorit dengan macam-macam jurusan kesehatan, Poltekkes Aceh bisa menjadi jawaban. Poltekkes Aceh memiliki akreditasi B. Jalur masuk kampus ini meliputi PMDP, SIMAMA dan MANDIRI.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1745 seconds (0.1#10.140)