Total hingga Rp203 Juta, Berikut Rincian Biaya Kuliah S1 Kedokteran di UPI

Senin, 14 Agustus 2023 - 08:24 WIB
loading...
Total hingga Rp203 Juta, Berikut Rincian Biaya Kuliah S1 Kedokteran di UPI
Total biaya kuliah Kedokteran di UPI mencapai Rp203 juta. Foto/BMHS.
A A A
JAKARTA - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) masih membuka pendaftaran mahasiswa baru program studi (prodi) Kedokteran hingga 16 Agustus 2023. Mahasiswa yang diterima nantinya harus merogoh kocek hingga Rp203 juta sebagai biaya kuliahnya.

UPI salah satu kampus negeri yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat ini resmi membuka seleksi mahasiswa baru Kedokteran melalui jalur mandiri. Pendaftaran dibuka sejak 10 Agustus 2023 hingga 16 Agustus 2023.

Seleksi mahasiswa baru Kedokteran yang dilakukan UPI secara mandiri berdasarkan hasil kombinasi hasil Tes Potensi Skolastik, Tes Literasi (Literasi dalam Bahasa Indonesia dan dalam Bahasa Inggris) dan Tes Kemampuan Mata Pelajaran (Kimia dan Biologi).

Pendaftaran mahasiswa baru S1 Kedokteran ini ini terbuka bagi lulusan SMA dan sederajat hingga Paket C tahun 2023, 2022, dan 2021 yang tidak buta warna dan mempunyai kesehatan fisik menunjang untuk kelancaran studinya.

UPI telah mengumumkan biaya kuliah program studi S1 Kedokteran Fakultas Kedokteran melalui jalur Seleksi Mandiri ini di laman resminya dengan totalnya mencapai Rp203 juta.

Baca juga: Deretan Jurusan Vokasi Paling Laris Manis Diburu Dunia Kerja, Ini Daftarnya

Adapun kategori biaya yang harus dibayar adalah biaya registrasi, biaya penyelenggaraan pembayaran, biaya pengembangan fasilitas mutu dan akademik, dan dana pengembangan lembaga.

Biaya pendidikan tersebut harus dibayarkan langsung secara keseluruhan oleh mahasiswa yang bersangkutan pada saat registrasi semester pertama.

Sementara biaya pendidikan pada semester berikutnya hanya membayar biaya penyelenggaraan pembelajaran.

Rincian Biaya Kuliah Fakultas Kedokteran UPI


1. Registrasi: Rp1,5 juta
2. Biaya Penyelenggaraan Pembelajaran: Rp19 juta
3. Biaya Pengembangan Fasilitas dan Mutu Akademik: Rp7,5 juta
4. Dana Pengembangan Lembaga: Rp175 juta

Tata Cara Pendaftaran


- Masuk ke laman https://pmb.upi.edu
- Klik tombol "Ambil No Bayar" yang disediakan kemudian isikan data yang diminta untuk memperoleh nomor bayar.
- Bayar Biaya Pendaftaran. Untuk peserta yang berdomisili di wilayah Indonesia, setelah mendapatkan Nomor Bayar, Pendaftar menyetorkan biaya pendaftaran dan seleksi masuk melalui Teller Bank Negera Indonesia (BNI) dan Bank Mandiri di cabang manapun atau dengan metode lain (seperti e-Banking atau melalui ATM) dengan menyebutkan/memasukkan Nomor Bayar PMB SM FK UPI. Setelah biaya disetorkan, peserta akan mendapatkan bukti pembayaran dan
PIN.

Baca juga: 15 Politeknik Kesehatan Pilihan Mahasiswa di Seluruh Indonesia, Ada di Kotamu?

- Lengkapi biodata dengan cara log-in menggunakan nomor bayar dan PIN yang diperoleh, lanjutkan pengisian form sampai memperoleh nomor seleksi
- Peserta harus mencetak kartu peserta (secara fisik) untuk diperlihatkan kepada pengawas saat pelaksanaan ujian. Kartu Peserta akan digunakan untuk syarat mengikuti ujian. Pada Kartu Peserta terdapat Informasi Jadwal dan Lokasi Ujian.
- Peserta diharapkan dapat selalu mengakses laman https://pmb.upi.edu dan akun pendaftaran masing-masing untuk mendapatkan informasi terbaru terkait ujian. Peserta juga dapat melihat informasi hasil tes seleksi melalui laman https://pmb.upi.edu pada akun pendaftaran masing-masing.

Jadwal Seleksi


- Pengambilan Nomor Bayar secara daring (online): 10-16 Agustus 2023.
- Pembayaran Biaya Pendaftaran: 10-16 Agustus 2023, berakhir pada 16 Agustus pukul 15.00 WIB.
- Pengisian biodata peserta secara daring (online): 10-16 Agustus 2023, berakhir pada 16 Agustus pukul 23.59 WIB.
- Pencetakan Kartu Peserta: 10-16 Agustus 2023, berakhir pada 16 Agustus pukul 23.59 WIB.
- Pelaksanaan Ujian Seleksi pada 18-20 Agustus 2023
- Pengumuman Hasil Ujian Seleksi: 22 Agustus 2023 melalui akun pendaftaran peserta masing-masing.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1918 seconds (0.1#10.140)