Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Mempelajari Tentang Apa? Ini Mata Kuliahnya

Selasa, 15 Agustus 2023 - 09:45 WIB
loading...
Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Mempelajari Tentang Apa? Ini Mata Kuliahnya
Secara umum mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah antara lain mempelajari tentang aturan perekonomian berbasis Islam. Foto/laman UIN Suka
A A A
JAKARTA - Ini yang dipelajari jurusan Ekonomi Syariah di universitas. Dewasa ini, jurusan Ekonomi Syariah menjadi salah satu program studi favorit khususnya di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) baik di di UIN, IAIN hingga STAIN.

Terlebih kedepan, ekonomi syariah diprediksi memiliki potensi perkembangan sangat pesat di Indonesia. Mengingat Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Penasaran sebenarnya apa yang dipelajari dalam jurusan Ekonomi Syariah?Untuk mencari jawabannya, artikel berikut ini akan mengulasnya.

Hal-Hal Tentang Ekonomi Syariah yang Akan Dipelajari Mahasiswa


Selama mengambil pendidikan S1 di jurusan Ekonomi Syariah, maka kamu akan belajar banyak hal tentang Ekonomi Syariah lebih detail. Ekonomi syariah mempelajari tentang aturan perekonomian yang berbasis Islam guna menciptakan tatanan masyarakat yang lebih teratur, adil dan efisien.

Dengan tujuan utama untuk meningkatkan kehidupan masyarakat yang lebih adil, maka ekonomi syariah memiliki peranan penting dalam menjaga finansial keluarga. Secara garis besar, berikut rangkuman mengenai jurusan Ekonomi Syariah yang bisa Kamu jadikan referensi yaitu:

1. Pengertian


Ekonomi syariah mempelajari tentang sistem perekonomian yang berbasis syariat Islam dengan tujuan menciptakan perekonomian masyarakat muslim yang adil dan sejahtera.

2. Perbedaan mendasar ekonomi syariah dengan ekonomi konvensional


Kamu akan mempelajari tentang perbedaan mendasar antara ekonomi syariah dengan ekonomi konvensional mulai pengertian, sistem kerja, keuntungan, kepemilikan modal, tujuan, dan lain-lain. Ekonomi syariah merupakan sistem perekonomian yang halal, tidak ada bunga dan riba, transaksi akad jelas, dan pembagian sistem keuntungan secara bagi hasil.


3. Mata kuliah yang akan dipelajari


Bila tertarik masuk ke jurusan Ekonomi Syariah, kamu akan mendapatkan ragam mata kuliah menarik seperti Prinsip Dasar Hukum Islam, Akuntansi Syariah, Filosofi Ekonomi Syariah, Makro dan Mikro Ekonomi Syariah, Shadaqah dan Wakaf, Ushul Fiqh, dan lain-lain.

4. Konsentrasi yang lebih fokus pada syariat Islam


Kamu akan mengambil peminatan atau konsentrasi saat kuliah semester akhir, misalnya Manajemen Keuangan Islam, Akuntansi Syariah, Perbankan Syariah, Kebijakan Makro Islam, dan Kewirausahaan Islam.

5. Belajar kemampuan analisa kebijakan dan fenomena ekonomi


Ekonomi syariah mempelajari segala aspek ekonomi yang sesuai dengan Alqur’an dan Hadits sehingga analisa kebijakan dan fenomena ekonomi di masyarakat yang terus berubah harus tetap berpegangan pada koridor hukum Islam.

Nantinya kamu diharapkan mampu memahami konsep ekonomi Islam dalam kehidupan ekonomi sehari-hari baik di lingkungan perbankan syariah, lembaga keuangan syariah atau menjadi staf dari lembaga keuangan negara.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1610 seconds (0.1#10.140)