Ini Beda Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik, dan Akademi, Teliti Yuk Biar Paham

Selasa, 15 Agustus 2023 - 12:57 WIB
loading...
Ini Beda Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik, dan Akademi, Teliti Yuk Biar Paham
Akademi adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan berbasis vokasi, terdiri satu atau sebagian cabang ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni tertentu. Foto/laman akademi penerbang banyuwangi
A A A
JAKARTA - Perbedaan universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik dan akademi ini perlu diketahui kamu yang akan melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi. Ada banyak model pendidikan tinggi di Indonesia, di antaranya universitas, insititut, sekolah tinggi, politeknik, dan akademi.

Buat kamu siswa SMA/SMK yang berencana melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi, perbedaan tersebut perlu dipahami agar tak salah langkah menjatuhkan pilihan lembaga pendidikan tinggi yang akan kamu incar. Dirangkum dari berbagai hal, berikut perbedaan dari unversitas, institut, sekolah tinggi, politeknik dan akademi

Ini Perbedaan Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik dan Akademi

Universitas


Universitas menyediakan pendidikan berbasis akademik dan vokasi. Universitas juga terdiri dari beberapa fakultas yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan/atau pendidikan vokasi dengan sejumlah ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni.
Contohnya:

1.Rumpun Ilmu Alam

A. Ilmu Kebumian
B. Ilmu Alam
C. Ilmu Kimia
D. Ilmu Angkasa
E. Ilmu Biologi
F. Ilmu Fisika, dan sebagainya

2.Rumpun Ilmu Terapan

A. Pertanian
B. Arsitektur dan Perencanaan
C. Bisnis, dan sebagainya

Kampus dengan model universitas di Indonesia, antara lain Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Negeri Semarang, Univeristas Negeri Jakarta, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Padang, dan masih banyak lagi.


Institut


Insititut juga hampir sama dengan universitas. Insititut juga menyelenggarakan pendidikan berbasis akademik dan vokasi. Perbedaannya terletak pada fakultasnya.

Kalau di institut, fakultas-fakultasnya berasal dari satu jenis keilmuan saja. Contohnya, Institut Teknologi Bandung (ITB) hanya mengarah pada rumpun ilmu alam. Sehingga, fakultas-fakultas di ITB hanya berkaitan dengan ilmu alam, contoh:

• Fakultas Ilmu Angkasa/Antariksa
• Fakultas Ilmu Biologi
• Fakultas Ilmu Kimia
• Fakultas Ilmu Fisika
• Fakultas Ilmu Kebumian, dan sebagainya

Kampus dengan model Institut di Indonesia: Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (ITB), Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Institut Teknologi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Institut Kesenian Jakarta (IKJ, dan masih banyak lagi.

Sekolah Tinggi


Sekolah tinggi ternyata hampir sama dengan universitas dan institut. Perbedaannya ialah sekolah tinggi hanya terdiri dari satu fakultas, dan terbagi menjadi beberapa jurusan yang berkaitan dengan fakultas tersebut.

Kampus dengan model sekolah tinggi di Indonesia antara lain: Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN), Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN), Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI), dan masih banyak lagi.

Politeknik


Politeknik ialah perguruan tinggi yang hanya menyediakan pendidikan berbasis vokasi sehingga politeknik tidak menyelenggarakan pendidikan akademik.

Politeknik memiliki visi dan misinya sendiri menyiapkan peserta didiknya menjadi lulusan dengan kemampuan profesional yang mampu menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi, agar bisa bersaing dengan para lulusan di perguruan tinggi di dunia pekerjaan.



Kampus dengan model politeknik di Indonesia, antara lain: Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Politeknik Negeri Bandung (Polban), Politeknik Negeri Media Kreatif (Polmed), Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Politeknik Negeri Bali, dan masih banyak lagi.

Akademi


Sekolah akademi juga hampir sama dengan politeknik. Akademi adalah perguruan tinggi dengan hanya menyelenggarakan pendidikan berbasis vokasi yang terdiri satu atau sebagian cabang ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni tertentu.

Perbedaan antara akademi dan politeknik ialah jika politeknik menyelenggarakan pendidikan vokasi yang berasal dari beberapa rumpun ilmu. Sedangkan akademi hanya menyelenggarakan pendidikan vokasi dari satu cabang ilmu.

Kampus dengan model akademi di Indonesia misalnya: Akademi Gizi Surabaya, Akademi Minyak dan Gas Bumi (Akamigas-STEM), Akademi Kimia Analis Jawa Barat, Akademi Ilmu Pemasyarakatan Jakarta, Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG), Akademi Kepolisian Republik Indonesia (Akpol), Akademi Militer Republik Indonesia (Akmil), dan masih banyak lagi
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1847 seconds (0.1#10.140)