Riwayat Pendidikan Anies Baswedan, Pernah Jadi Rektor Termuda di Usia 38 Tahun

Selasa, 15 Agustus 2023 - 11:48 WIB
loading...
Riwayat Pendidikan Anies Baswedan, Pernah Jadi Rektor Termuda di Usia 38 Tahun
Riwayat pendidikan Anies Baswedan tentu sudah tidak diragukan lagi. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Riwayat pendidikan Anies Baswedan tentu sudah tidak diragukan lagi. Pria yang memiliki nama lengkap Anies Rasyid Baswedan ini merupakan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022.

Anies Baswedan juga pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) di Kabinet Kerja Joko Widodo-Jusuf Kalla. Sebelumnya, Anies merupakan Rektor Universitas Paramadina. Saat itu Anies menjadi rektor termuda di usia 38 tahun.

Sebelum melaju ke jalur politik, perjalanan karier Anies sendiri dimulai dari dunia akademik. Baik dirinya menjadi pengajar maupun sebagai peneliti di beberapa lembaga penelitian terkenal dunia. Berikut riwayat pendidikan Anies Baswedan.

Riwayat Pendidikan Anies Baswedan


Anies Baswedan memulai pendidikan formalnya menjelang usia lima tahun di TK Masjid Syuhada di Kota Baru, Yogyakarta. Kemudian, ia bersekolah di SD Laboratori Yogyakarta, SMP Negeri 5 Yogyakarta, dan SMA Negeri 8 Yogyakarta.

Setelah lulus pendidikan Sekolah Menengah Atasnya, Anies pun melanjutkan pendidikan tinggi pertamanya di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Kala itu ia memilih jurusan ekonomi dengan program sarjana.



Anies kemudian mendapatkan beasiswa Fulbright untuk melanjutkan studinya di Amerika Serikat. Ia meraih gelar Master of Public Management dari Sekolah Urusan Publik, Universitas Maryland, College Park pada tahun 1998.

Tak butuh waktu yang lama bagi Anies untuk mendapatkan gelar doktoralnya, ia juga berhasil menyelesaikan program doktor ilmu politik di Northern Illinois University, Dekalb pada tahun 2001.

Pria kelahiran yang lahir pada 7 Mei 1969 ini diketahui memulai karier akademisnya sebagai dosen di Universitas Paramadina pada tahun 2001. Ia kemudian terpilih menjadi Rektor Universitas Paramadina pada tahun 2007 dan menjabat hingga tahun 2015.

Saat menjadi tenaga pendidik, Anies juga menggagas gerakan Indonesia Mengajar, sebuah program yang mengirimkan lulusan perguruan tinggi terbaik untuk mengajar di daerah-daerah terpencil selama satu tahun.

Anies sendiri terlibat dalam dunia politik sejak tahun 2013, ketika ia ikut serta dalam konvensi calon presiden yang diselenggarakan oleh Partai Demokrat. Waktu itu dirinya mendapatkan peringkat ketiga dalam konvensi tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1633 seconds (0.1#10.140)