29 Siswa SMA Labschool Jakarta Wakili Indonesia di AYIMUN Malaysia

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 05:30 WIB
loading...
29 Siswa SMA Labschool Jakarta Wakili Indonesia di AYIMUN Malaysia
29 siswa SMA Labschool Jakarta menjadi delegasi Indonesia di AYIMUN (Asia Youth International Model United Nations) 2023 di Kuala Lumpur, Malaysia. Foto/IST.
A A A
JAKARTA - Sebanyak 29 siswa siswi SMA Labschool Jakarta dikirim untuk mewakili Indonesia di Asia Youth International Model United Nations (AYIMUN). AYIMUN dihelat di Kuala Lumpur, Malaysia.

AYIMUN ke-12 merupakan sebuah konferensi Model Perserikatan Bangsa-Bangsa (Model United Nations/MUN) yang diadakan di Asia.

Ada 38 negara yang berpartisipasi dalam konferensi ini dengan jumlah peserta 435, pesertanya tidak hanya berasal dari Asia saja tetapi juga dari berbagai belahan benua lainnya seperti Amerika Serikat, UK, Uganda, Mauritius, Republik Demokrasi Kongo, Mesir bahkan Montenegro, negara yang berada di Eropa Tenggara.

Baca juga: Jahit Baju untuk Presiden dan Ibu Negara, Siswi SMKN 4 Kota Jambi Diundang ke Istana

Kepala SMA Labshool Jakarta Suparno Sastro menjelaskan, konferensi yang digelar pada 12-15 Agustus 2023 ini bertujuan untuk memberikan pengalaman simulasi tentang diplomasi, negosiasi, dan diskusi mengenai isu-isu global kepada para peserta dari berbagai negara.

Peserta mewakili 6 Dewan (council) yang ada dalam PBB seperti WHO (World Health Organization), INTERPOL (International Criminal Police Organization), UNESCO (Reducing Gender Discrimination and Inequality), IMF (International Monetary Fund) dan UNICEF (United Nations Children's Fund).
"Setelah mendapatkan counsil, peserta memainkan peran sebagai delegasi negara-negara anggota atau pemangku kepentingan yang terlibat dalam pekerjaan organisasi tersebut," katanya, melalui siaran pers, Jumat (18/8/2023).

Siswa-siswi SMA Labschool Jakarta juga mewakil Indonesia dalam acara performance culture, sekaligus memperkenalkan tarian tradisonal asli Indonesia.

Baca juga: Sosok Lilly Indriani Siswi SMAN 1 Wamena, Pembawa Baki Bendera Merah Putih

Antara lain tarian piring yang berasal dari Sumatera Barat, tari jaipong dari Jawa Barat, tari gong Dayak berasal dari Kalimantan, tari kipas pakarenda yang berasal dari Sulawesi Selatan, dan tari yang berasal dari Papua.

Pada Awarding session, Benadhya Fitzy Anugrah Kelas XII berhasil meraih Verbal Commendation pada counsil INTERPOL di malam penutupan Asian Youth Internasional Model United Nations 2023.

Dia mengatakan, dengan adanya Konferensi ke-12 AYIMUN ini, memberikan kesempatan untuk siswa-siswi SMA Labschool Jakarta mengkritisi kondisi geopolitik global dan juga mempromosikan perubahan dalam menghadapi masalah internasional.

Siswa juga memainkan peran sebagai diplomat yang berpartisipasi dalam diskusi global, merumuskan resolusi, dan mengembangkan solusi kreatif untuk dalam memghadapi masalah ekonomi global, isu keamanan, hak-hak anak, kesehatan, kesetaraan gender dan lainnya.

"Menjadi diplomat muda berinteraksi membangun kerja sama dengan perwakilan dari berbagai belahan negara," imbuhnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1053 seconds (0.1#10.140)