10 Langkah Persiapan Wawancara Beasiswa, Pelajari Yuk Biar Lolos

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 12:49 WIB
loading...
10 Langkah Persiapan Wawancara Beasiswa, Pelajari Yuk Biar Lolos
Agar pendafataran beasiswa kamu berjalan lancar, salah satu yang perlu dipersiapkan adalah soal sesi wawancara beasiswa. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 10 langkah persiapan wawancara beasiswa yang penting dipelajari bagi kamu yang akan mendaftar program beasiswa. Siapa yang tak pingin kuliah ke luar negeri dengan bantuan beasiswa? Jika kamu salah satu dari mereka, maka penting banget bagimu buat mempersiapkan diri, salah satunya dengan persiapan wawancara beasiswa.

Seperti kita ketahui, sebagian besar program beasiswa, membutuhkan wawancara untuk menyaring penerimanya. Selain aplikasi terperinci, esai yang mengesankan, dan surat rekomendasi, dewan beasiswa biasannya menginginkan kesempatan untuk bertemu langsung dengan calon penerima melalui wawancara. Dirangkum dari berbagai sumber, ini 10 langkah persiapan wawancara beasiswa yang perlu kamu tahui untuk mendaftar beasiswa

10 Langkah Persiapan Wawancara Beasiswa

1. Lakukan Riset


Melakukan riset adalah salah satu tips persiapan wawancara beasiswa paling penting yang bisa kamu lakukan. Apa yang harus diriset? Ini bervariasi mulai tergantung tipe beasiswa apa yang kamu lamar.

Pertama-tama, kamu harus meninjau persyaratan beasiswa, termasuk pilihan pertanyaan esai yang ada. Biasanya, riset ini akan memberitahumu mengenai wawasan tentang prioritas organisasi, dan bahkan dapat memberitahumu apa aja persyaratan spesifik yang dibutuhkan.

Selanjutnya, kamu juga perlu riset mengenai latar belakang organisasi pemberi beasiswa itu sendiri. Informasi ini dengan mudah bisa kamu dapatkan dalam website mereka. Memperoleh pemahaman soal organisasi pemberi beasiswa adalah cara lain untuk belajar soal prioritas mereka.

2. Bersiap Jawab Pertanyaan General

Pertanyaan seperti “coba ceritakan soal dirimu” dan “beri kami contoh salah satu pencapaian terbesarmu” adalah pertanyaan general atau umum. Maka dari itu dalam persiapan wawancara beasiswa, kamu perlu mempersiapkan diri untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan sejenis ini.

Selain itu, kemungkinan besar kamu juga akan bertemu dengan pertanyaan general lainnya seperti “di mana kamu melihat dirimu sendiri dalam lima tahun mendatang?” dan “bagaimana kamu berencana mengalokasikan dana beasiswa yang didapatkan?

3. Berpakaian sopan


Kesan pertama itu penting, maka dari itu persiapan wawancara beasiswa yang satu ini menyinggung penampilanmu nanti! Berpakaian sopan adalah kunci untuk wawancara yang baik. Meskipun tak perlu terlalu formal, pakaian semi formal adalah jenis pakaian yang tepat untuk segala jenis wawancara beasiswa. Pria harus mempertimbangkan menggunakan celana panjang dan kemeja, bahkan jas dan dasi, agar terlihat rapi dan profesional.


4. Persiapan Sehari Sebelum


Biar kamu nggak terburu-buru saat hari-H, sebaiknya kamu mulai membuat checklist hal yang harus dilakukan dari sehari sebelum. Ini beberapa hal yang perlu kamu persiapkan:

• Siapkan pakaian

• Tinjau instruksi yang diberikan oleh pewawancara, termasuk waktu wawancara, tempat parkir, dan siapa yang harus ditemukan begitu tiba

• Kumpulkan semua dokumen yang perlu disertakan

• Rencanakan sarapan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1795 seconds (0.1#10.140)