Kebakaran di Lab Tewaskan Mahasiswi S2, IPB University Bentuk Tim Khusus

Minggu, 20 Agustus 2023 - 13:43 WIB
loading...
Kebakaran di Lab Tewaskan Mahasiswi S2, IPB University Bentuk Tim Khusus
IPB University membentuk tiga tim khusus menyusul kejadian kebakaran di laboratorium yang menewaskan mahasiswi S2. Foto/IPB University.
A A A
BOGOR - IPB University membentuk 3 tim terkait musibah meninggalnya mahasiswi S2 Ilmu Nutrisi dan Pakan, Fakultas Peternakan Laila Atika Sari akibat kebakaran di laboratorium. Tim juga dibentuk untuk mengantisipasi kejadian serupa tak terulang lagi.

Rektor IPB University Prof Arif Satria mengatakan, kampus telah membentuk tiga tim untuk menangani kejadian ini. Tim juga akan melakukan antisipasi untuk memastikan keselamatan kerja di laboratorium serta hal-hal lain yang berkaitan dengan kehidupan kampus.

Prof Arif menjelaskan, tiga tim tersebut adalah yang pertama tim investigasi yang akan bekerja sama dengan kepolisian. Tim ini akan menggali kronologis detil kejadian, termasuk mengecek prosedur baku (SOP) dan hal-hal lain yang perlu diketahui.

Kedua, tim evaluasi laboratorium yang akan melakukan pengecekan alat-alat dan fasiltas pada seluruh laboratorium di IPB University. Khususnya alat-alat laboratorium yang berisiko tinggi saat digunakan.

Baca juga: Kronologi Kebakaran Laboratorium IPB University yang Menewaskan Mahasiswi S2

Prof Arif melanjutkan, tim ketiga yang dibentuk adalah tim keselamatan kerja yang akan bertugas memastikan keselamatan kerja, baik dalam kegiatan akademik, pengabdian pada masyarakat, maupun dalam hal kehidupan kampus pada umumnya termasuk ketertiban dan keselamatan lalu lintas.

"Sebagian besar tim ini berasal dari Kantor Manajemen Risiko yang akan mengevaluasi berdasarkan pedoman dan petunjuk pelaksanaan sistem manajemen laboratorium yang telah dimiliki," ungkapnya.

Sekretaris IPB University Agus Purwito menambahkan, melalui langkah ini akan berupaya memaksimalkan kembali seluruh oratorium IPB University dalam keadaan aman digunakan untuk kegiatan akademik, termasuk keselamatan kerja di seluruh aspek kegiatan dalam kehidupan kampus.

"Kami berharap kejadian ini tidak terulang lagi," pungkasnya.

Baca juga: Kebakaran Laboratorium IPB, Mahasiswi S2 Meninggal Dunia

Sebelumnya, mahasiswi Program Pascasarjana S2 Ilmu Nutrisi dan Pakan, Fakultas Peternakan IPB Univeristy Laila Atika Sari meninggal dunia pada Sabtu 19 Agustus 2023.

Atika mengembuskan nafas terakhir usai mengalami musibah kebakaran di laboratorium sehari sebelumnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1702 seconds (0.1#10.140)