JR Connexion Moda Pilihan Baru Warga Bodetabek

Selasa, 21 Februari 2017 - 11:31 WIB
JR Connexion Moda Pilihan Baru Warga Bodetabek
JR Connexion Moda Pilihan Baru Warga Bodetabek
A A A
JAKARTA - Satu moda tranportasi akan menjadi pilihan warga yang tinggal di daerah penyangga Jakarta, seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek). Jabodetabek Residence Connexion (JR Connexion) yang baru diluncurkan pada 14 Februari 2017 oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi diharapkan jadi solusi mengurai persoalan transportasi.

Kewenangan program baru angkutan pemukiman Jabodetabek ini sepenuhnya di bawah tanggung jawab Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Kemenhub Elly Sinaga. Menurut Budi, layanan tersebut merupakan pertemuan antara fasilitas yang disediakan pemerintah melalui kerja sama dengan pengembang dan operator bus.

"Ini perpaduan yang bagus. Jadi, ada pengembang pemukiman, kemudian ada operator perusahaan autobus dan masing-masing bersinergi," kata Menhub.

Standar pelayanan dan spesifikasi kendaraan yang digunakan mempunyai perbedaan sedikit dengan bus lainnya. JR Connexion menggunakan layanan seperti konfigurasi tempat duduk 2-2 dilengkapi dengan alat pengatur sandaran dan kepala, berpendingin ruangan, GPS, wifi, pengisi baterai handphone , serta displai elektronik.

Sementara untuk PO yang sudah siap beroperasi mencapai enam perusahaan dengan total 100 unit. PO tersebut di antaranya PO Alfa Omega Transport, PO Royal Wisata Nusantara, PO Sinar Jaya Langeng, PO Sejahtera Cemerlang, PO Wahana Transport, dan Darma Persada.

Untuk layanan, sementara ini baru menjangkau 13 kawasan perumahan di antaranya kawasan Cikarang, Bintaro, Serpong, Karawaci, Cibubur, dan Bekasi.

Di wilayah Bekasi, permukiman yang dilayani meliputi Lippo Cikarang, Grand Wisata, Galaxy, serta Summarecon. Di wilayah Bogor, dilayani di antaranya Citra Indah Jonggol, Bellanova, serta Botani Square.

Di wilayah Cibubur, permukiman yang dilayani meliputi Cibubur Residence, Cibubur Country, Harvest City, Metland Transyogie, serta Kenari Nusantara. Untuk Depok, permukiman yang dilayani meliputi Pesona Kayangan dan BSD City untuk Serpong.

Adapun untuk wilayah Tangerang, akan melayani Bintaro Jaya, Lippo Village, serta Citra Raya. Jumlah operator yang akan melayani sejumlah enam perusahaan, yaitu PO Alfa Omega Transport, PO Royal Wisata Nusantara, PO Sinar Jaya Langeng, PO Sejahtera Cemerlang, PO Wahana Transport, dan PT Wifen Darma Persada dengan jumlah armada lebih dari 100 unit.

Pada tahap awal akan tersedia 17 armada bus JR Connexion yang siap melayani masyarakat dengan tarif Rp20.000-Rp25.000 per orang. Menhub menjelaskan, terdapat 100 bus yang sedang mengusulkan izin ke BPTJ, namun permintaan dari para pengembang juga sudah banyak. Karena itu, dia mengimbau para pengembang untuk terus mengembangkan angkutan permukiman.

"Saya berharap ini bukan hanya menjadi tugas pemerintah, tapi juga menjadi kewajiban pengembang. Lakukan inovasi yang membuat pemukiman Anda tampak dinikmati oleh konsumen,"ujarnya. (Ichsan Amin)
JR Connexion Moda Pilihan Baru Warga Bodetabek
(bbk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5747 seconds (0.1#10.140)