UIN Walisongo Kebut Upaya Pemberian Izin Operasional Pendirian Fakultas Kedokteran

Selasa, 22 Agustus 2023 - 15:07 WIB
loading...
UIN Walisongo Kebut Upaya Pemberian Izin Operasional Pendirian Fakultas Kedokteran
UIN Walisongo menggelar workshop percepatan persiapan Rumah Sakit dr. Gondo Suwarno Ungaran sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama, Selasa (22/8/2023). Foto/Humas UIN
A A A
SEMARANG - Gerak cepat UIN Walisongo Semarang untuk mendapatkan izin operasional Fakultas Kedokteran (FK) terus dilakukan. Selasa, (22/8/2023) bertempat di ruang Komed RSUD dr Gondo Suwarno Ungaran, Kabupaten Semarang, FK UIN Walisongo menggelar workshop percepatan persiapan Rumah Sakit dr. Gondo Suwarno Ungaran sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama. Hadir secara langsung dalam workhshop, Rektor UIN Walisongo, para Wakil Rektor, Dekan FK, Direktur Utama RSUD dr Gondo Suwarno Ungaran, dan jajaran.

Dekan FK UIN Walisongo dr. Sugeng Ibrahim, M. Biomed. menjelaskan tujuan workshop yaitu untuk menyiapkan dokumen dan ketenagaan RSUD dr Gondo Suwarno agar sesuai kriteria Konsil Kedokteran Indonesia. KKI dijadwalkan akan berkunjung ke UIN Walisongo dan RSUD dr Gondo Suwarno pekan depan.

Sugeng menegaskan akselerasi FK UIN Walisongo sudah di jalur yang tepat. Tanggal 5 Juli 2023 lalu baru saja diterbitkan surat rekomendasi pendirian Fakultas Kedokteran UIN Walisongo dari Menteri Kesehatan kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek).

Ketua KKI, Prof Taruna Ikrar juga sudah berkunjung secara langsung meninjau FK UIN Walisongo. "Workshop hari ini dengan narasumber dr. Dita Achadiono, MARS dan Ns. Sri Handayani, S.Kep malanjutkan komitmen pendirian FK. Rekomendasi Menkes sudah kami dapatkan, Ketua Konsil juga sudah berkunjung meninjau langsung. Jalan kami sudah tepat," ujar Sugeng dalam keterangan resmi, Selasa (22/8/2023)



Sugeng berharap pendirian FK akan menjadi legacy yang luar biasa bagi sejarah UIN Walisongo. "Saya melihat Rektor dan jajaran, dari hari ke hari bekerja keras dan visioner demi tujuan mulia ini. Berdirinya FK ini akan menjadi capaian tertinggi UIN Walisongo dan sejarah besar perjalanan UIN Walisongo." tukasnya.

Rektor UIN Walisongo, Prof Dr Imam Taufiq, M Ag mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah memberikan dedikasi dan komitmen serta wujud konkrit untuk percepatan pendirian FK UIN Walisongo. Salah satunya adalah mitra strategis RS Pendidikan Utama RSUD dr Gondo Suwarno Ungaran.

Imam menjelaskan bahwa kemitraan strategis harus dibangun dengan kolaborasi yang saling menguntungkan dan kontributif bagi masing-masing pihak. Dalam hal ini bagi UIN Walisongo dan RSUD dr Gondo Suwarno Ungaran.

"Kemitraan strategis ini harus dibangun dengan kolaborasi yang baik. Karena itu, kegiatan ini dimaksudkan untuk melakukan percepatan agar RSUD dr Gondo Suwarno Ungaran menjadi rumah sakit pendidikan yang terakreditasi dan menjadi rujukan rumah sakit pendidikan di regional Semarang dan sekitarnya," ujar Imam.

Direktur Utama RSUD dr Gondo Suwarno Ungaran dr. Mas Dady Dharmadi Suryadi menegaskan bahwa pihaknya siap mendukung penuh pendirian FK UIN Walisongo termasuk dalam penyelenggaraan pendidikannya. Beberapa hal juga telah dilakukan di antaranya penyediaan SDM yang berkualitas dengan dokter-dokter dan pemenuhan fasilitasnya.

"Kami dan jajaran siap mem-back up pendirian FK UIN Walisongo. Termasuk dari pihak kami yaitu percepatan menjadi RS Pendidikan Utama. Kami juga siap membantu dengan dokter-dokter kami dan fasilitas yang lengkap," ujarnya.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1403 seconds (0.1#10.140)