UMJ Kukuhkan Dua Guru Besar Baru Kakak Beradik

Rabu, 23 Agustus 2023 - 17:00 WIB
loading...
UMJ Kukuhkan Dua Guru Besar Baru Kakak Beradik
Pengukuhan ini terdapat keistimewaan yaitu dua Guru Besar UMJ tersebut merupakan kakak-beradik. Foto/UMJ.
A A A
JAKARTA - Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) mengukuhkan dua Guru Besar baru. Keduanya yaitu Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Prof. Dr. Dra. Andriyani, M.Ag., M.KM., dan Kaprodi Magister Manajemem Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Prof. Dr. Gofur Ahmad, S.T., M.M.

Prof. Dr. Dra. Andriyani, M.Ag., diangkat sebagai Guru Besar bidang Ilmu Pendidikan Islam berdasarkan SK Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI Nomor 37256/M/07/2023 Tentang Kenaikan Jabatan Akademik Dosen. Andriyani merupakan Guru Besar urutan ke 31 di tahun 2023 dengan angka kredit sebesar 850.

Sementara itu Prof. Dr. Gofur Ahmad, ST., MM., diangkat sebagai Guru Besar bidang Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia berdasarkan SK Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI Nomor 19384/MPK.A/KP.05.01/2022 Tentang Kenaikan Jabatan Akademik Dosen. Gofur menerima SK pada Maret 2022 dengan perolehan angka kredit sebesar 854.

Keduanya dikukuhkan oleh Ketua Senat UMJ Prof. Dr. Masyitoh Chusnan, M.Ag., dengan khidmat. Rektor UMJ Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si., mengungkapkan rasa bangganya dan ucapan selamat pada kedua Guru Besar. Menurutnya, pengukuhan ini terdapat keistimewaan yaitu dua Guru Besar merupakan kakak-beradik.

Baca juga: Profil 4 Rektor Universitas Terbaik di Indonesia, Nomor 2 Lulusan S3 UNSW, Australia!

Menurutnya, gelar ini merupakan hal yang lazim dan niscaya bagi seorang dosen yaitu bagian dari rangkaian jabatan fungsional setelah Lektor Kepala. Berkaitan dengan itu, Rektor UMJ menyampaikan terkait penganugerahan gelar kehormatan.

Lahirnya dua Guru Besar baru, kata Ma'mun, merupakan prestasi bagi UMJ sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) lembaga pendidikan yang mandiri. Diketahui sampai pada usianya yang hampir menginjak 68 tahun ini, UMJ pernah memberikan gelar Doktor Honoris Causa pada dua orang yaitu Ir. Soekarno dan Ustaz Adi Hidayat.

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Prof. Abdul Mu’ti, M.Ed, berpesan agar kedua Guru Besar yang baru dikukuhkan dapat istiqomah di UMJ. Menurutnya ketika sudah memiliki gelar, maka UMJ memanggil para Guru Besar untuk memajukan UMJ, Muhammadiyah, dan Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Kepala LLDIKTI Wilayah III Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc., menyampaikan harapannya agar Guru Besar dapat memberikan semangat baru untuk sivitas akademika UMJ dan masyarakat.

Baca juga: Kenapa Dokter Selalu Identik dengan Jas Warna Putih? Ternyata Ini Penyebabnya

Toni juga menyinggung orasi ilmiah berjudul Human Intelligence Management yang dibawakan oleh Prof. Gofur. Menurut Toni, aplikasi Human Big Data yang sedang dikembangkan oleh Gofur akan semakin klop jika disinergikan dengan tim di PP Muhammadiyah. “Kami berharap lahirnya Guru Besar baru dapat memberikan spirit untuk sivitas akademika UMJ dan masyarakat sekitar,” imbuhnya.

Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Prof. Dr. Jamhari Makruf, MA., mengucapkan selamat pada UMJ atas kelahiran dua Guru Besar baru. Lebih lanjut, Jamhari menyampaikan bahwa PP Muhammadiyah mendorong pengembangan Sumber Daya Manusia.

Dikatakan Jamhari bahwa program utama Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah adalah mensinergikan beberapa PTMA yang pada awalnya mencapai 200 lebih, kini menjadi 173. Hal ini dilakukan agar dapat menjadikan PTMA sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1827 seconds (0.1#10.140)