Berapa Lama Kuliah Kedokteran hingga Menjadi Dokter Spesialis di Indonesia?

Kamis, 24 Agustus 2023 - 15:15 WIB
loading...
Berapa Lama Kuliah Kedokteran hingga Menjadi Dokter Spesialis di Indonesia?
Berapa lama kuliah kedokteran hingga menjadi dokter spesialis di Indonesia patut diketahui calon mahasiswa kedokteran. Foto/Humas IPB University.
A A A
JAKARTA - Tahapan menjadi dokter harus melewati panjang dan proses pendidikan bertahun-tahun. Namun seberapa lama kuliah kedokteran sampai bisa menjadi dokter spesialis ?.

Jurusan kedokteran memang masih menjadi favorit jurusan di perguruan tinggi. Baik dari segi karier, pendapatan, hingga profesinya yang disegani di tengah masyarakat menjadi satu alasannya.

Namun untuk menjadi dokter di Indonesia itu tidak sama dengan kuliah di jurusan lain. Masa preklinik, koas, internship, dan sekolah spesialis harus dilewati terlebih dulu.

Sehingga, perkiraan waktu mahasiswa kedokteran untuk belajar dan bisa mengantongi Surat izin Praktik (SIP) di Indonesia itu membutuhkan waktu 7-10 tahun.

Dikutip dari laman Brainacademy, berikut ini tahapan dan lama kuliah mahasiswa kedokteran di Indonesia.

1. Masa Preklinik


Ini adalah masa dimana kalian akan menjalani masa kuliah layaknya mahasiswa biasa. Pendidikannya biasanya selama 3,5 tahun namun yang membedakan adalah tidak ada sistem Satuan Kredit Semester (SKS) bagi mahasiswa kedokteran. Namun terbagi dalam beberapa blok seperti bBlok Neurologi, Blok Kulit, Blok Pediatri, dan masih banyak lagi.

Mahasiswa Kedokteran juga menghadapi ujian tulis, OSCE, dan SOCA. OSCE (Objective Structured Clinical Examination) adalah ujian praktek untuk menebak diagnosa penyakit yang diderita oleh pasien simulasi. Lalu, ada SOCA (Student Oral Case Analysis) yaitu uji pemahaman mahasiswa terkait kasus penyakit tertentu. SOCA dilakukan secara lisan di hadapan 2-3 dosen penguji.

Baca juga: Ini Syarat Fisik Daftar Fakultas Kedokteran, Penting Nih Apa Saja?

Di semester 7, mahasiswa Kedokteran menyusun skripsi untuk memperoleh gelar Sarjana Kedokteran (S.Ked). Setelah ini, kamu akan diwisuda dan lanjut ke program profesi atau koas.

2. Co Assistant (Koas)


Setelah menjalani masa preklinik, mahasiswa kedokteran memasuki masa koas. Tahap ini mahasiswa kedokteran akan mendampingi dokter senior untuk berinteraksi dengan pasien sungguhan.

Pada tahap ini kalian akan disebut dengan dokter muda. Ruang praktik kalian adalah di rumah sakit yang bekerja sama dengan kampus atau rumah sakit pendidikan dan tidak ada gaji.

Lamanya koas berlangsung 1,5 hingga 2 tahun. Para dokter muda yang akan terbagi dalam kelompok-kelompk kecil ini akan menjalani berbagai stase seperti stase bedah, anak, THT, forensik, anestesi, kandungan, penyakit dalam, psikiatri, dan lain-lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1138 seconds (0.1#10.140)