Arti Gelar Pendidikan Anies Baswedan dan Asal Universitasnya

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 08:53 WIB
loading...
Arti Gelar Pendidikan Anies Baswedan dan Asal Universitasnya
Anies Baswedan memiliki riwayat pendidikan yang tinggi. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Anies Baswedan memiliki riwayat pendidikan yang tinggi. Sebagai salah satu bakal calon presiden pada pemilu 2024, latar belakang pendidikan Anies kerap menjadi sorotan.

Pendidikan memang memegang peranan penting dalam membentuk dan mempersiapkan individu untuk menjadi pemimpin negara yang efektif.

Dalam riwayat pendidikannya, Anies Baswedan dikenal sebagai tokoh politik yang punya cukup banyak gelar. Dia juga telah menyelesaikan S3 di luar negeri.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini arti gelar pendidikan dan asal universitas Anies Rasyid Baswedan.

Gelar Pendidikan dan Asal Universitas Anies Baswedan


Setelah lulus dari SMA Negeri 2 Yogyakarta pada tahun 1989, Anies langsung melanjutkan pendidikannya di Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada . Anies mendapat gelar Sarjana Ekonomi pada 1995.

Ketika masih berkuliah di UGM, Anies sempat mendapat beasiswa dari JAL Foundation untuk menjalani studi di Universitas Sophia, Tokyo, Jepang selama musim panas pada 1993.



Tiga tahun setelah dinyatakan lulus dari UGM, Anies lantas melanjutkan pendidikannya ke jenjang S2 di Master of Public Management, Maryland University, College Park, Amerika.

Di Maryland University, Anies mendapatkan gelar MPP yang berarti Magister Kebijakan Publik. Pendidikan magister yang ditempuh Anies ini didapatkan melalui program beasiswa.

Kemudian pada 2004, Anies yang haus akan ilmu kembali melanjutkan studinya. Saat itu dirinya diterima di Northern Illinois University, Amerika, dengan mengambil jurusan Doctor of Philosophy bidang Departemen Ilmu Politik.

Dari Northern Illinois University tersebut, Anies mendapat gelar PhD yang merupakan kependekan dari Doctor of Philosophy.

Meski ada kata philosophy yang artinya filsafat, namun gelar PhD tidak lantas hanya dimiliki oleh lulusan ilmu Filsafat saja.

PhD sendiri kemudian diartikan sebagai gelar pendidikan yang bisa dimiliki oleh mahasiswa S3 yang sudah menyelesaikan masa perkuliahannya.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4263 seconds (0.1#10.140)