Ini Perbedaan Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi, Biar Tak Rancu Simak Penjelasannya

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 09:31 WIB
loading...
Ini Perbedaan Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi, Biar Tak Rancu Simak Penjelasannya
Ini perbedaan Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi yang perlu diketahui. Antara Kedokteran Gigi dan Fakultas Kedokteran teori dan keahlian yang dipelajari tidaklah sama. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini perbedaan Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi yang perlu diketahui. Jurusan kedokteran dan kedokteran gigi sering kali dianggap sama, terutama bagi kalangan awam. Padahal, konsentrasi teori dan keahlian yang dipelajari tidaklah sama.

Ada banyak perbedaan jurusan kedokteran dan kedokteran gigi . Hal itu salah satunya dapat ditelusuri dari daftar mata kuliah, pembelajaran praktik, hingga prospek kerja.Dirangkum dari berbagai sumber, ini perbedaan antara Jurusan Kedokteran dengan Kedokteran Gigi

Perbedaan Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi

1. Dari Sisik Pembelajaran

Jurusan Kedokteran:

Menguasai dan memahami anatomi, fungsinya, serta interaksinya di dalam tubuh manusia, sehingga harus belajar tentang saraf, otot, tulang, sampai pancaindera.

Jurusan Kedokteran Gigi:

Menguasai dan belajar tentang ilmu kedokteran gigi dasar, ilmu biologi oral, konservasi gigi, periodonsia, endodontik, ilmu kedokteran gigi anak, ilmu kedokteran gigi mulut, radiologi.

Calon dokter gigi akan belajar cara memeriksa kondisi gigi, mencabut gigi, mencetak gigi, memasang kawat gigi, hingga mendiagnosis penyakit pada gigi, gusi, dan mulut.

2. Keahlian yang dikuasai

Jurusan Kedokteran:

Mampu berkomunikasi dengan baik supaya bisa menjelaskan secara detail tentang suatu penyakit dan cara mengobatinya pada pasien. Calon dokter harus memupuk diri memiliki rasa empati kepada pasiennya, bisa kerja sama tim, cekatan saat menangani pasien, serta mampu bersikap profesional.

Jurusan Kedokteran Gigi:

Begitu pun dengan dokter gigi, kemampuan komunikasi yang baik juga penting. Sebab nantinya kamu akan memberi edukasi kepada pasien tentang cara merawat kesehatan gigi.

Keahlian lainnya yaitu bisa mendiagnosis dan melakukan tindakan tepat pada pasien, bisa kerja sama tim, mau menangani semua pasien dari berbagai usia dan latar belakangnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1583 seconds (0.1#10.140)