6 Sekolah Kedinasan Terbaik di Jawa Tengah, Bisa Jadi Prajurit hingga Nakes

Selasa, 29 Agustus 2023 - 08:53 WIB
loading...
6 Sekolah Kedinasan Terbaik di Jawa Tengah, Bisa Jadi Prajurit hingga Nakes
6 sekolah kedinasan terbaik di Jawa Tengah. Mulai dari Politeknik Ilmu Pelayaran hingga ada Akademi Militer (Akmil). Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Sekolah kedinasan baik itu dengan pola ikatan dinas maupun non ikatan dinas banyak tersebar di penjuru Indonesia. Salah satunya berada di Semarang , Jawa Tengah.

Sistem pendidikan tinggi di Indonesia tidak hanya mengenal Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS), Perguruan Tinggi Keagamaan saja. Namun juga ada Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) atau yang lebih dikenal dengan sekolah kedinasan.

Sekolah kedinasan merupakan perguruan tinggi di bawah instansi pemerintah yang membuka program studi sesuai dengan kebutuhan instansi atau karakteristik di instansi pemerintah tersebut. Ada sekolah kedinasan dan juga ada sekolah non ikatan dinas.

Lokasi sekolah kedinasan tersebar di seluruh Indonesia. Bagi yang ingin kuliah di sekolah kedinasan Jawa Tengah, berikut ini lima di antaranya.

6 Sekolah Kedinasan Terbaik di Jawa Tengah

1. Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang


PIP yang pada Webometrics 2023 berada di ranking 323 terbaik di Indonesia ini dinaungi oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. PIP terletak di Semarang, Jawa Tengah. Tepatnya di Jalan Singosari Raya No.2A, Wonodri, Kec. Semarang Selatan.

PIP Semarang ini memiliki beberapa jurusan di antaranya D IV Nautika, D IV Teknika dan D IV TALK (Tatalaksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan). Info lengkap bisa dilihat dalam laman pip-semarang.ac.id

2. Akademi Militer (Akmil)


Sekolah kedinasan bersifat militer yang dipayungi Kementerian Pertahanan (Kemhan) ini berada di kota Magelang, Jawa Tengah dengan luas 654,4493 hektare.

Lulusan Akmil ini nantinya akan dijadikan perwira TNI Angkatan Darat dengan pangkat Letnan Dua (Letda).

Program studi yang diusung sekolah ini di antaranya, Manajemen Pertahanan, Teknik Elektronika Pertahanan, Teknik Mesin Pertahanan dan Administrasi Pertahanan yang semuanya merupakan jenjang D IV. Info lengkap bisa dilihat dalam laman akmil.ac.id

3. Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Semarang


Poltekkes Semarang pada Webometrics 2023 berada di peringkat 115 terbaik di Indonesia dan 5.854 dunia.

Terdapat dua jenjang di Poltekkes Semarang yakni D III dan D IV sedangkan jurusannya meliputi Keperawatan, Kebidanan, Gizi, TRR, Keperawatan Gigi, Kesehatan Lingkungan, Analis Kesehatan dan RMIK. Info lengkap bisa dilihat dalam laman poltekkes-smg.ac.id.

Alamatnya di Jalan Tirto Agung, Pedalangan, Banyumanik, Kota Semarang, 50239, Jawa Tengah.

4. Akademi Kepolisian (Akpol)

Akpol merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Pertahanan. ini berada di Jalan Sultan Agung No.131, Candi Baru, Kec. Gajahmungkur, Semarang.

Nantinya jebolan Akpol akan mendapat pangkat Polisi Dua (Ipda). Di Akpol jenjang pendidikan ada jenjang Diploma IV.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4138 seconds (0.1#10.140)