Mengenal Program Pendidikan Profesi di Indonesia, Ini Jenis dan Cara Mendapatkannya

Rabu, 30 Agustus 2023 - 12:16 WIB
loading...
Mengenal Program Pendidikan Profesi di Indonesia, Ini Jenis dan Cara Mendapatkannya
Salah satu program pendidikan profesi adalah pendidikan profesi advokat berupa Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) dilanjutkan Ujian Profesi Advokat. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini informasi seputar program pendidikan profesi di dunia pendidikan Indonesia. Apakah kamu ingin menjadi spesialis saat memasuki dunia kerja nanti? Jika iya, saat ini ada banyak program Pendidikan Profesi yang bisa kamu ambil.

Di program pendidikan profesi kamu akan disiapkan untuk menjadi tenaga ahli di suatu bidang dengan keterampilan khusus. Mungkin selama ini kamu hanya mengenal profesi Dokter yang memiliki spesialisasi.

Padahal beberapa profesi lain juga memiliki spesialisasi tertentu. Untuk bisa mendapatkan spesialisasi tersebut, seseorang harus mengenyam pendidikan profesi atau mengikuti sertifikasi profesi terlebih dahulu.Dirangkum dari berbagai sumber, artikel kali ini akan mengulas soal program pendidikan profesi di tanah air.

Macam-Macam Pendidikan Profesi di Indonesia

Mengapa ada pendidikan profesi? Apakah lulus pendidikan akademik saja tidak cukup sebagai modal bekerja? Sebenarnya, dengan modal ijazah pendidikan akademik, kamu sudah bisa mencari pekerjaan.



Namun, ada beberapa jenis pekerjaan yang memang membutuhkan persyaratan khusus berupa gelar profesi. Gelar profesi ini hanya bisa didapatkan jika kamu sudah menyelesaikan pendidikan profesi atau menyelesaikan sertifikasi profesi.

Hal tersebut berkaitan dengan skill set atau keterampilan khusus yang wajib dimiliki untuk menjalankan suatu pekerjaan spesifik.
Gelar profesi tersebut jadi tanda bahwa orang yang bersangkutan sudah mendalami keilmuan dari satu bidang tertentu, layak disebut sebagai tenaga ahli di bidang tersebut, dan bisa bekerja sesuai standar profesi yang berlaku.

Berikut beberapa contoh gelar profesi dari berbagai macam pendidikan profesi yang ada di Indonesia.

• Akuntan (Ak.)

• Apoteker (Apt.)

• Konsultan Pajak (B.K.P.)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1675 seconds (0.1#10.140)