Pentingnya Kuliah S2 untuk Memperluas Jenjang Karir

Rabu, 30 Agustus 2023 - 17:30 WIB
loading...
Pentingnya Kuliah S2 untuk Memperluas Jenjang Karir
Setelah lulus sarjana, biasanya kita dihadapkan dengan pilihan antara melanjutkan pascasarjana atau kerja (Foto: dok LSPR)
A A A
JAKARTA - Sebagai lulusan baru atau fresh graduate pada jenjang pendidikan sarjana, setidaknya sebagian dari kita pernah merasa bingung untuk menentukan jalan hidup selanjutnya. Apakah lebih baik mencari kerja lebih dulu atau langsung lanjut pascasarjana?

Pada kenyataannya, kedua pilihan ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Tidak ada yang lebih baik ataupun lebih buruk di antara keduanya. Semuanya tergantung dengan pilihan serta tanggung jawab dalam memilih jalan hidup setelah menyandang gelar lulusan baru dari pendidikan sarjana.

Namun, apabila Anda termasuk ke dalam orang yang hendak lanjut S2 setelah lulus sarjana. Dalam artikel ini akan membahas seputar manfaat kuliah S2 dan alasan pendidikan tingkat lanjut tersebut dapat jadi pilihan terbaik dan membuka peluang besar dalam konteks meningkatkan karir.

Apa Alasan Kuliah S2 untuk Jenjang Karir?
Ada beberapa alasan dalam melanjutkan jenjang pendidikan pascasarjana, salah satunya yakni mendapatkan peluang yang lebih besar dalam jenjang karir. Selebihnya ada beberapa alasan lain yakni:

1. Potensi Unggul dalam Dunia Kerja
Memiliki gelar S2 saat melamar kerja dapat dijadikan sebagai poin unggulan. Terlebih pada zaman seperti saat ini, kompetisi antara lulusan sarjana dan lulusan pascasarjana juga semakin sempit.

Poin ini akan semakin besar peluangnya ketika Anda seorang lulusan S2 memiliki pengalaman kerja sebelumnya. Sehingga, tidak hanya poin lulusan S2 saja yang dijadikan sebagai kunci. Namun, pengalaman sebelumnya berkaitan dengan pekerjaan yang akan diambil juga dapat digunakan untuk mengalahkan kandidat-kandidat pelamar kerja lainnya.

2. Masih Bisa Tetap Kerja Sambil Kuliah S2
Siapa bilang kalau menjalankan pendidikan S2 tidak bisa dikerjakan bersamaan dengan bekerja? Hal tersebut keliru, karena faktanya kelas yang ada tidak sepadat materi perkuliahan S1, Anda berpeluang lebih besar untuk mencari pekerjaan sambilan sambil melanjutkan pendidikan S2, lho!

Ada banyak tipe pekerjaan yang bisa Anda cari. Bisa sebagai seorang part-timer, freelancer atau pekerja lepas, pekerja kontrak, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selama dapat memikul dua hal tersebut secara bersamaan, semua bisa dilakukan secara beriringan. Poin plus, pengalaman ini juga bisa Anda masukkan ke dalam resume lamaran kerja di masa mendatang!

Bagaimana cara kuliah S2 sambil kerja? Sangat mudah! Anda bisa mendapatkan dua hal ini sekaligus dengan kuliah di LSPR. Hal ini karena pendidikan pascasarjana di LSPR menawarkan metode blended learning di mana proses belajarnya tidak hanya terfokus pada kuliah offline, namun juga kuliah online. Selain itu, ada juga pilihan kuliah kelas malam agar tidak mengganggu waktu bekerja Anda di siang hari!

3. Memperdalam Ilmu ke Tingkat Lebih Lanjut
Kuliah S2 membawa pengalaman untuk tidak hanya berkutat dengan pelajaran di dalam kelas. Anda akan didorong untuk banyak membaca dan mendapatkan berbagai jenis tugas untuk memperdalam ilmu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3156 seconds (0.1#10.140)