Peluncuran Zona KHAS ITS Bukti Nyata Menuju Pengembangan Ekonomi Syariah

Kamis, 31 Agustus 2023 - 09:40 WIB
loading...
Peluncuran Zona KHAS ITS Bukti Nyata Menuju Pengembangan Ekonomi Syariah
Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) KH Ma’ruf Amin meresmikan Zona Kuliner Halal, Aman dan Sehat (Zona KHAS) ITS di Surabaya, Rabu (30/8/2023)
A A A
SURABAYA - Upaya menghadirkan lingkungan kuliner berkualitas dan responsif terhadap tuntutan makanan halal, aman, dan sehat dilakukan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dengan mengembangkan Zona Kuliner Halal, Aman dan Sehat (Zona KHAS).

Menjadi pertama di Jawa Timur untuk kalangan perguruan tinggi, zona ini diresmikan secara langsung Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) KH Ma’ruf Amin melalui kegiatan Sarasehan Ekonomi dan Keuangan Syariah di Hotel Sheraton Surabaya, Rabu (30/8/2023).

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengungkapkan potensi Jawa Timur sebagai kontributor utama pengembangan ekonomi dan keuangan syariah nasional. Hal ini diperkuat oleh fakta bahwa Jawa Timur telah berkontribusi sebesar 25% terhadap perekonomian nasional Indonesia.

“Tahun ini, Jawa Timur juga berhasil menyabet juara umum dalam penghargaan ekonomi syariah oleh KNEKS,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (30/8/2023).Melalui arah pengembangan ini, berbagai industri halal untuk menumbuh kembangkan roda ekonomi dan keuangan berbasis syariah terus dijalankan.

Peresmian Zona KHAS ITS ini menjadi tonggak awal signifikan bagi Jawa Timur dalam menjalankan program-program percontohan nasional. “Upaya yang dilakukan dalam memenuhi komitmen ini didukung penuh oleh Wakil Presiden RI, sehingga dapat direalisasikan satu persatu,” lanjut politisi Partai Demokrat ini.



Selaras hal tersebut, Wakil Presiden RI Prof Dr KH Ma'ruf Amin merasa senang dengan adanya peresmian Zona KHAS ITS ini. Hal tersebut didasarkan pada pentingnya optimisme dan kerja sama dalam menjalankan gerakan jihad ekonomi bangsa di tengah tantangan dan dinamika global yang dihadapi oleh Indonesia dalam tahap pemulihan ekonomi nasional. "Hadirnya zona ini, menjadi langkah nyata menuju pengembangan ekonomi syariah yang lebih kuat dan berkelanjutan," tutur Ma'ruf Amin.

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari mengatakan, kantin pusat ITS yang bertransformasi menjadi Zona KHAS ini dianggap sebagai yang terbaik di Indonesia. Melalui kerja sama dengan KNEKS serta pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur dan Dinkes Kota Surabaya, ITS memastikan bahwa pedagang di zona KHAS ini memenuhi standar kebersihan dan sanitasi yang ketat. Syarat-syarat administratif, termasuk sertifikasi kehalalan produk dan Nomor Induk Berusaha (NIB), turut mengamankan legalitas dan kualitas usaha para pedagang.

Menurut Ashari, dengan menghadirkan Zona KHAS, ITS telah mendampingi UMKM dalam memberikan sertifikasi halalnya. Selain itu, keberadaan zona ini membuka jalan menuju pengalaman kuliner yang lebih nyaman, berkualitas, dan mendukung pertumbuhan bisnis pedagang.

“Transformasi ini sebagai bukti nyata ITS dalam memajukan layanan kuliner dengan memberi perhatian khusus pada nilai-nilai halal, kebersihan, dan kesehatan,” ujar rektor yang kerap disapa Ashari tersebut.

Selain Wapres dan Wagub Jatim, peresmian Zona KHAS di Hotel Sheraton Surabaya ini juga dihadiri Direktur Bisnis dan Kewirausahaan Syariah Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) Ir Putu Rahwidhiyasa, Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng dan Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim MA.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2491 seconds (0.1#10.140)