Apakah Universitas Luar Negeri Mewajibkan Skripsi? Apa Bedanya dengan Indonesia?

Kamis, 31 Agustus 2023 - 10:19 WIB
loading...
Apakah Universitas Luar Negeri Mewajibkan Skripsi? Apa Bedanya dengan Indonesia?
Masing-masing negara memiliki aturan yang berbeda beda soal skripsi di perguruan tinggi. Ada negara di mana universitas mewajibkan mahasiswanya membuat skripsi namun tak sedikit yang tak mewajibkan skripsi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) mengeluarkan aturan terbaru bahwa skripsi bukan lagi wajib menjadi syarat kelulusan mahasiswa jenjang sarjana (S1). Kebijakan tersebut bisa dinilai sebagai sebuah kebijakan radikal di pendidikan tinggi Indonesia karena baru kali pertama dilakukan.

Sekadar perbandingan, bagaimana skripsi di perguruan tinggi luar negeri? Apakah kampus kampus di luar negeri juga selama ini mensyaratkan skripsi sebagai salah satu syarat kelulusan atau tidak?

Kalaupun skripsi juga diterapkan di universitas luar negeri bagi mahasiswa jenjang S1, lalu apa perbedaannya dengan skripsi yang ada di Indonesia? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, artikel kali ini akan mengulasnya lebih dalam.

Skripsi di Universitas Luar Negeri

1. Australia


Masing-masing negara memiliki penjelasan soal skripsi yang berbeda. Misalnya saja, di Australia, program bachelor adalah coursework program di mana tidak ada istilah skripsi, tesis atau juga penelitian.

Mahasiswa dinyatakan lulus jika berhasil menyelesaikan setiap mata kuliah yang diambil dan berhasil melewati jumlah kredit tertentu. Hal ini dapat dilalui dengan ujian, presentasi individu dan grup serta tugas lainnya. Namun, ada beberapa jurusan yang mengharuskan siswa melakukan proyek penelitian individu dan kelompok.

2 Amerika Serikat


Sementara di Amerika, tidak ada skripsi dalam gelar S1. Siswa hanya diharuskan untuk menjalani ujian semester saja. Kamu bisa memilih di antara tiga pilihan, yakni ujian skripsi atau tesis, professional project berupa film documenter, tulisan jurnal atau presentasi ilmiah. Terakhir, kamu bisa memilih ujian komprehensif berbentuk tulisan.

Biasanya, siswa yang mengambil jurusan seni dan bisnis tidak diharuskan untuk melakukan project. Namun, siswa sains dan teknik biasanya harus melakukannya. Dengan kata lain, jika kuliah di Amerika, kamu bisa memilih coursework di setiap akhir semester, serta tesis untuk S2.

2. Jerman


Hal yang sama juga berlaku di Jerman. Beberapa universitas di negara ini mengharuskan siswa melakukan skripsi dan beberapa di antaranya tidak. Salah satu faktor mahasiswa dapat lulus adalah berhasil meraih nilai yang bagus dalam ujian akhir.

3. Inggris


Untuk kamu yang berencana kuliah di Inggris, tugas akhir untuk mahasiswa S1 adalah disertasi. Masing-masing universitas memiliki ketentuannya masing-masing. Misalnya, mahasiswa di Durham University yang harus mengerjakan disertasi laboratorium.
Atau mereka juga bisa membuat rencana bisnis perusahaan bioscience dan proyek terkait bidang studi pilihan mereka.


4. Kanada

Lain halnya dengan universitas di Kanada. Kampus di negara ini memiliki major paper sebagai syarat kelulusan. Bentuknya adalah essay yang disusun sebanyak 40 halaman atau lebih. Jumlahnya tergantung dari jurusan, disiplin ilmu dan kebijakan universitas.

Apa Bedanya Skripsi di Indonesia dan Luar Negeri?


Skripsi adalah tugas akhir berupa karya tulis ilmiah yang harus diselesaikan oleh mahasiswa dengan bimbingan dari dosen pembimbing sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana.

Kalau untuk sarjana di luar negeri skripsi biasa disebut dengan Thesis. Karya ini berupa paparan tulisan hasil penelitian yang membahas fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah yang berlaku.

Proses penyusunan skripsi tidak selalu sama di setiap kampus baik dalam maupun luar negeri. Namun umumnya, kamu akan mulai dengan pengajuan judul skripsi, proposal skripsi, seminar, penelitian, hingga melanjutkan ke tahap penulisan dan mempresentasikan hasilnya sesuai revisi dosen pembimbing dalam sebuah sidang.

Isi Skripsi Apa Saja?


Skripsi di Indonesia mempunyai isi beragam, tetapi yang pasti skripsi akan dibagi menjadi beberapa bab dengan sub bab yang menjelaskan isi dari bab tersebut. Biasanya skripsi terdiri dari 5-7 bab, dan dimulai dari pendahuluan. Struktur bab pada skripsi yang umum terdiri dari:

• Bab 1: Pendahuluan

• Bab 2: Tinjauan Pustaka
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1844 seconds (0.1#10.140)