Deretan Mahasiswa Universitas Negeri yang Lulus Kuliah Tanpa Skripsi

Kamis, 31 Agustus 2023 - 11:46 WIB
loading...
Deretan Mahasiswa Universitas Negeri yang Lulus Kuliah Tanpa Skripsi
Deretan mahasiswa dari universitas negeri (PTN) yang sudah berhasil lulus kuliah tanpa skripsi. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim membuat kebijakan menghapus skripsi sebagai syarat kelulusan mahasiswa S1 dan D4. Namun sebelum ada kebijakan resmi dari pemerintah ini sudah banyak kampus yang memungkinkan mahasiswanya lulus tanpa skripsi.

Permendikbudristek No 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Pasal 18 ayat 8 tertulis jika pemberian tugas akhir mahasiswa bisa memilih membuat skripsi ataupun dalam bentuk lain seperti prototipe, proyek, atau bentuk tugas akhir lainnya yang sejenis baik secara individu maupun berkelompok.

Kebijakan Merdeka Belajar Episode ke-26 ini berlaku untuk mahasiswa sarjana dan sarjana terapan di seluruh Indonesia. Bahkan jika prodi itu sudah menerapkan project based learning maka skripsi pun bisa dihapus atau tak dibutuhkan lagi.

Baca juga: Ini Penemu Skripsi yang Kini Tak Lagi Jadi Syarat Wajib Kelulusan di Indonesia

Sebelum ada payung hukum Permendikbudristek No 53 ini, sudah ada perguruan tinggi yang meluluskan mahasiswanya tanpa skripsi. Dikutip dari laman resmi masing-masing kampus berikut ini 5 mahasiswa PTN yang berhasil lulus tanpa skripsi.

Deretan Mahasiswa Universitas Negeri yang Lulus Tanpa Skripsi


1. Universitas Pendidikan Indonesia

Lima mahasiswa program studi Film dan Televisi Fakultas Pendidikan Seni dan Desain (FSRD) UPI pada Juni 2023 berhasil lulus kuliah tanpa skripsi.

Kelima mahasiswa tersebut adalah Siti Anisa Setiani dan Mauly Putri Dipiati dari minat Pengkajian Televisi, serta Restu Rizqina, Wiki Riandi, dan Nabila Pramadita dari minat Pengkajian Film.

Deretan Mahasiswa Universitas Negeri yang Lulus Kuliah Tanpa Skripsi

5 Mahasiswa UPI. Foto/UPI

Kelimanya berhasil memublikasikan karya tulis ilmiahnya pada berbagai jurnal terakreditasi Nasional yang kemudian dikonversi dan diakui sebagai syarat alternatif kelulusan studi pada jenjang Sarjana.

Lulus Tanpa Skripsi merupakan alternatif penyelesaian studi yang telah diberlakukan di Universitas Pendidikan Indonesia sejak 2018 berdasarkan Peraturan Rektor Universitas Pendidikan Indonesia Nomor 3259/UN40/HK/2018.

2. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Pada April 2023, Tita Nursari dinyatakan lulus dengan IPK 3,88. Tita adalah mahasiswa pertama pada Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad yang lulus dengan skema artikel ilmiah sebagai pengganti skripsi di prodi Perpustakaan dan Sains Informasi, Fikom Unpad.

Dia menulis artikel ilmiah berjudul Kemitraan Taman Bacaan Masyarakat dengan Lembaga Kemasyarakatan dalam Diseminasi Informasi Kesehatan yang diterima di Jurnal Berkala Ilmu Perpustakaan (BIP) UGM.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1539 seconds (0.1#10.140)