Menag Optimistis KSM 2023 Hasilkan Siswa Berprestasi Kelas Dunia

Senin, 04 September 2023 - 10:32 WIB
loading...
Menag Optimistis KSM 2023 Hasilkan Siswa Berprestasi Kelas Dunia
Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki saat membuka KSM di Kendari, Sulawesi Tenggara, Minggu (3/9/2023) Foto/Ist malam.
A A A
KENDARI - Prestasi peserta Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2023 diyakini bisa tembus hingga level dunia sehingga bisa mengharumkan nama Indonesia.

Keyakinan tersebut diungkapkan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutan pembukaan KSM 2023 yang dibacakan Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki di Lapangan Balai Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Minggu (3/9/2023) malam.

"Kita harapkan dari event nasional ini, muncul talenta-talenta muda, yang berprestasi nasional, selajutnya kita antarkan mereka untuk berprestasi di tingkat internasional, membawa nama baik bangsa dan negara Indonesia," kata Menag dalam keterangan resminya, Senin (4/9/2023)

Dalam kesempatan tersebut, Menag juga menyampaikan bahwa siswa madrasah yang berproses dengan sungguh-sungguh akan menjadi juara. "Yakinlah, bahwa hasil tidak mengkhinati proses. Siapa yang berproses dengan baik, gigih, serius, dan sungguh-sungguh kemungkinan besar akan menjadi juara, " kata dia.



Namun demikian, menteri yang akrab disapa Gus Yaqut ini mengingatkan bahwa KSM atau kompetisi apapun bukanlah tujuan. Event ini, kata dia, hanyalah alat, dan sarana untuk memfasilitasi, menemukan, dan membina serta mengembangkan bakat, minat, dan prestasi anak-anak semua.

"Sedang tujuan utamanya adalah bagaimana prestasi yang Anda capai itu benar-benar memberi manfaat kepada orang lain, dan dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemajuan bangsa, negara, dan agama, " jelasnya.

Kepada para peserta KSM 2023, Menag berpesan agar menjadi yang terbaik, para peserta harus mengikuti semua proses dan penggemblengan yang baik di madrasah. "Untuk menjadi yang terbaik seperti itu, haruslah berproses. Tidak bisa ujug-ujug, tiba-tiba. Nikmatilah proses itu sebagai kebutuhan diri untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas diri demi menyambut tantangan zaman, " pesannya.

Gus Yaqut berharap bahwa ke depan benar-benar dapat menfasilitasi munculnya talenta-talenta prestasi yang hebat, dan melalui proses yang lebih baik. "Prestasi murid-murid tidak akan muncul, jika suasana dan iklim madrasah kita tidak kondusif. Karena itu, kita semuanya, harus menciptakan kondisi madrasah bebas dari perundungan-bullying, bebas dari kekerasan seksual dan jauh dari tindakan intoleran, " kata Menag.

Menag menekankan bahwa madrasah harus turut menciptakan suasana yang ramah anak, nyaman dan aman untuk belajar, penuh dengan nilai-nilai akhlak karimah.

Wamenag Saiful Rahmat Dasuki yang mewakili Menag resmi membuka KSM 2023 di Balai Kota Kendari pada Minggu (3/9/2023). Menag Yaqut berhalangan hadir karena mendapat tugas kenegaraan pada waktu yang bersamaan. "Dengan membaca Bismillahirrahmanirrahim, dengan ini KSM dan MYRES tingkat Nasional tahun 2023 di Kota Kendari ini saya nyatakan resmi dibuka," ujar Wamenag.

Adapun KSM merupakan ajang kompetisi dalam bidang sains bagi para siswa Madrasah mulai dari jenjang MI, MTs dan MA yang digelar di Kota Kendari Sulawesi Tenggara tanggal 3- 7 September 2023, yang dirangkai dengan beberapa kegiatan Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRS), Ekspo Madrasah dan Pameran Daerah.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1673 seconds (0.1#10.140)