Kisah Taufik Hidayat, Anak Pedagang Kelontong yang Lulus dengan IPK Tertinggi di UNY

Selasa, 05 September 2023 - 16:57 WIB
loading...
Kisah Taufik Hidayat, Anak Pedagang Kelontong yang Lulus dengan IPK Tertinggi di UNY
Taufik Hidayat berfoto bersama dengan kedua orang tuanya usai wisuda di UNY. Foto/UNY.
A A A
JAKARTA - Taufik Hidayat tak kuasa menahan rasa bangga saat dinyatakan berhasil meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Dia meraih IPK 3,96 untuk jenjang S1.

Taufik adalah mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi yang berhasil menyelesaikan kuliahnya dalam waktu 3 tahun 10 bulan.

Lulus dengan Predikat Cum Laude


Pada Wisuda Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Periode Agustus ini, Taufik Taufik berhasil menyelesaikan kuliah S1nya dengan predikat Cum Laude, sekaligus menjadi salah satu wisudawan terbaik.

Peraih Beasiswa Bidikmisi tersebut menyelesaikan skripsinya dalam waktu 3 bulan 20 hari. Ia mengembangkan psychosocial envelope yang merupakan media psikoedukasi untuk menurunkan ansietas remaja akhir.

Media tersebut juga dipamerkan pada MIPA Expo Dies Natalis UNY ke-59 tahun 2023.

Baca juga: Fakta-Fakta Menarik FISIP UI, No 4 Tempat Ganjar Pranowo Kuliah S2

Ikut Terlibat di Presidensi G20 di Bali


Kiprah alumni SMKN 2 Klaten tersebut belum berhenti. Di semester 7, Taufik ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi sebagai delegasi Festival Kampus Merdeka dalam serangkaian Presidensi G20 Indonesia di Bali.

Taufik menjadi salah satu representasi program yang diikutinya yaitu Akademi Wirausaha Mahasiswa Merdeka Universitas Brawijaya.

“Saya belajar manajemen waktu antara kuliah, organisasi, kompetisi, dan pengabdian masyarakat menggunakan skala prioritas, ditambah dengan to-do list harian yang saya tulis sebelum tidur. To-do list tersebut membantu saya untuk melakukan aktivitas secara terstruktur hingga menjadi seseorang yang lebih baik dari hari ke hari” papar Taufik.

Mahasiswa yang Aktif Berorganisasi dan Berprestasi


Selama kuliah di UNY Taufik aktif dalam berbagai organisasi seperti Sekretaris Umum UKMF Penelitian Reality 2020-2021, Menteri Pendidikan, Prestasi, dan Seni Budaya BEM KM UNY 2021, serta Menteri Riset dan Data BEM KM UNY 2022.

“Mengikuti organisasi membuat saya terus berkembang dan memberikan pengalaman terjun langsung di lapangan sehingga berdampak masif pada pengembangan hardskill dan softskill” katanya, dikutip dari laman UNY, Selasa (5/9/2023).

Baca juga: Berapa Lama Proses Pencairan KIP Kuliah oleh Bank? Simak Tahapannya

Bersama teman-teman di Kementerian Pendidikan, Prestasi, dan Seni Budaya BEM KM UNY 2021, Taufik menginisiasi program Pengajar Jelajah Maya untuk mengajarkan softskill kepada para remaja di seluruh Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0899 seconds (0.1#10.140)