4 Fakta Beasiswa Riset Baznas 2023, Dibuka hingga 10 September

Selasa, 05 September 2023 - 18:50 WIB
loading...
4 Fakta Beasiswa Riset Baznas 2023, Dibuka hingga 10 September
Beasiswa Riset Baznas merupakan program bantuan dana riset bagi mahasiswa diploma, sarjana dan pascasarjana. Foto/Ilustrasi Freepik
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah fakta penting dari Beasiswa Riset Baznas 2023 yang perlu diketahui mahasiswa. Terutama bagi yang sedang menempuh pendidikan tinggi S1, S2, dan S3.

Beasiswa Riset Baznas merupakan program bantuan dana riset bagi mahasiswa diploma, sarjana dan pascasarjana. Program ini bertujuan untuk memperkuat riset tentang zakat serta memperkaya literasi pengelolaan zakat.

Sebagai salah satu program bantuan dana riset, beasiswa ini banyak diminati oleh sejumlah mahasiswa. Sebelum mendaftar, pastikan terlebih dahulu sudah mengetahui sejumlah fakta tentang Beasiswa Riset Baznas sebagai berikut.

Fakta Beasiswa Riset Baznas 2023


1. Diberikan Badan Amil Zakat Nasional


Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) adalah lembaga yang melakukan pengelolaan zakat secara nasional di Indonesia. Lembaga ini didirikan pada tahun 2003 dan merupakan lembaga pemerintah non struktural yang bersifat mandiri.



Baznas bertugas untuk menghimpun, mengelola, dan menyalurkan zakat, infak, sedekah, dan dana sosial lainnya. Baznas juga memiliki beberapa program beasiswa, termasuk beasiswa riset bagi mahasiswa.

2. Tujuan Beasiswa Riset


Beasiswa Riset BAZNAS bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir mereka dengan memberikan bantuan dana riset. Program ini memungkinkan mahasiswa untuk fokus pada penelitian mereka tanpa harus khawatir tentang biaya yang terkait dengan penelitian tersebut.

Dengan demikian, Beasiswa Riset Baznas dapat membantu meningkatkan kualitas penelitian mahasiswa dan memperkuat kontribusi mereka terhadap masyarakat dan ilmu pengetahuan.

3. Kategori Beasiswa Riset Baznas


Beasiswa Riset Baznas adalah program bantuan dana riset tugas akhir untuk mahasiswa dalam menyelesaikan perkuliahan. Dikutip dari laman resmi Baznas, beasiswa ini memiliki dua kategori, yakni kategori riset umum dan kategori riset Prodi Mazawa.

Kategori umum diberikan kepada mahasiswa aktif yang sedang menyusun tugas akhir untuk menyelesaikan studi dan memperoleh gelar diploma, S1, S2, S3. Beasiswa ini terbuka untuk Warga Negara Indonesia (WNI) di seluruh kampus dan jurusan dengan akreditasi minimal B oleh BANPT.

Sementara itu, kategori riset Program Studi Manajemen Zakat Wakaf diberikan kepada mahasiswa aktif S1 di perguruan tinggi dengan program studi Manajemen Zakat dan Wakaf yang sedang menyusun tugas akhir untuk menyelesaikan studi dan memperoleh gelar S1.

4. Pendaftaran Beasiswa Riset Baznas 2023


Beasiswa Riset Baznas 2023 telah dibuka untuk pendaftaran mulai dari tanggal 30 Agustus hingga 10 September 2023. Untuk mendaftar, peserta harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh panitia seleksi.

Beberapa syarat yang harus dipenuhi, diantaranya seperti WNI, Mahasiswa on going Diploma/S1/S2/S3 yang sedang dan akan mengerjakan tugas akhir dan IPK minimal 3.00. Peserta yang lolos seleksi akan mendapatkan bantuan dana riset sebesar Rp10 juta.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4486 seconds (0.1#10.140)