Kian Mendunia, Nassa School Tampilkan Angklung di Gedung Musik Bersejarah Italia

Minggu, 10 September 2023 - 15:08 WIB
loading...
Kian Mendunia, Nassa School Tampilkan Angklung di Gedung Musik Bersejarah Italia
Gita Swara Nassa Angklung, kelompok seni musik dari Nassa School Bekasi menampilkan musik angklung di Bekasi. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Musik angklung kini makin dikenal di luar negeri. Salah satunya melalui penampilan Gita Swara Nassa Angklung, kelompok seni musik dari Nassa School Bekasi yang tampil di Italia .

Gemuruh suara angklung membahana di salah satu gedung musik bersejarah dan tertua di Italia, Scarlatti Hall, Conservatorio Musica di San Pietro di Majella, Napoli, Italia pada acara Indonesian Cultural Night, 7 September 2023.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi KBRI Roma dengan Konsul Kehormatan Indonesia di Napoli, The Italian Institute Middle East and East Studies (ISMEO), Conservatorio Musica di San Pietro di Majella, Napoli, dan University of Naples L’Orientale.

Indonesian Cultural Night ini menampilkan pertunjukkan seni musik dan tari Indonesia persembahan grup seni Gita Swara Nassa Angklung.

Gita Swara Nassa Angklung merupakan kelompok seni musik berbakat dari Nassa School di Bekasi beranggotakan 46 siswa-siswi untuk tingkat SD, SMP, SMA hingga alumni sekolah yang menjadi pemain angklung, pengiring musik dan penari. Kelompok seni musik angklung ini memiliki misi untuk melestarikan angklung dan memperkuat citra positif Indonesia di mata dunia.

Baca juga: Styrofoam dapat Memicu Kanker, Mahasiswa UPER Buat Pengemas Makanan Ramah Lingkungan

Penampilan Nassa School di kota Napoli merupakan puncak dari misi kebudayaan Nassa School tahun 2023 di Italia.
Sebelum singgah di Napoli, Gita Swara telah menorehkan prestasi yang membanggakan dengan memenangkan penghargaan Grand Prix (Juara Umum) dalam Kompetisi Musik Folklore Internasional berjudul Sun of Italy yang diselenggarakan di San Marino dan Pesaro 3-6 September 2023.

Raihan terakhir ini menambah deretan penghargaan yang pernah diraih oleh Nassa School dalam beberapa tahun terakhir ini.

Dalam sambutan pembukaannya, Kuasa Usaha ad Interim (KUAI) KBRI Roma, Lefianna H. Ferdinandus menyampaikan, diplomasi seni budaya Indonesia yang secara konsisten dilakukan KBRI Roma bukan saja merupakan komitmen untuk melestarikan instrumen angklung.

"Namun juga sebagai bentuk pengenalan dan interaksi budaya antara Indonesia dan Italia, yang tahun depan akan merayakan 75 tahun hubungan diplomatik kedua negara," katanya, melalui siaran pers, Minggu (10/9/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1617 seconds (0.1#10.140)