Kepoin Universitas Terbaik Dunia yang Menyediakan Alternatif Syarat Lulus Tanpa Skripsi

Selasa, 12 September 2023 - 10:03 WIB
loading...
Kepoin Universitas Terbaik Dunia yang Menyediakan Alternatif Syarat Lulus Tanpa Skripsi
Sejumlah universitas terbaik dunia menyediakan alternatif tugas akhir pengganti skripsi bagi mahasiswanya. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Kebijakan lulus kuliah tanpa skripsi yang dikeluarkan Kemendikbudristek sejatinya sudah berlaku di berbagai kampus luar negeri. Berikut ini beberapa universitas terbaik dunia yang menyediakan sejumlah alternatif tugas akhir selain skripsi sebagai syarat kelulusan.

Kebijakan Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim terbaru mengenai skripsi yakni skripsi bukan satu-satunya opsi syarat kelulusan mahasiswa S1 dan D4 menjadi isu baru dunia pendidikan tinggi yang sampai kini masih banyak ditanggapi oleh masyarakat.

Sebagian kalangan menyambut baik penghapusan kewajiban skripsi karena dinilai menghambat kelulusan mahasiswa namun ada juga yang berpendapat meski skripsi tidak wajib lagi namun keterampilan mahasiswa untuk menulis karya ilmiah jangan sampai hilang.

Sejatinya, sudah banyak perguruan tinggi luar negeri bahkan yang statusnya universitas terbaik dunia menyediakan berbagai alternatif bentuk tugas akhir sebagai syarat kelulusan.

Baca juga: Dukung Skripsi Tak Wajib Lagi, Aiman: Banyak Proyek Luar Biasa akan Lahir dari Mahasiswa

Berikut ini sejumlah universitas terbaik dunia dan tugas akhir selain skripsi yang disediakan oleh mahasiswanya yang dikutip dari Instagram Schoters.

Universitas Terbaik Dunia yang Tidak Mewajibkan Skripsi

1. Praktikum


University of Melbourne, Australia yang berada di peringkat 12 QS WUR 2024 dan University of Ljubljana Faculty of Computer and Information Science, Belanda peringkat 61-630 QS WUR 2024 merupakan salah satu kampus dunia yang membebaskan mahasiswa membuat praktikum sebagai tugas akhirnya.
Kepoin Universitas Terbaik Dunia yang Menyediakan Alternatif Syarat Lulus Tanpa Skripsi

Ilustrasi praktikum. Foto/UTSC Toronto

Praktikum biasanya dilakukan secara berkelompok dan para mahasiswa itu akan diminta untuk menyelesaikan suatu kasus nyata dari organisasi atau instansi hingga bisnis individu. Bentuk praktik nyata dunia kerja akan dialami para mahasiswa di sini.

2. Internship/Magang


Bagi kalian yang ingin kuliah dan ingin lulus dengan tugas akhir magang, kalian bisa melanjutkan studi perguruan tinggi ke Italia atau Prancis.

Kepoin Universitas Terbaik Dunia yang Menyediakan Alternatif Syarat Lulus Tanpa Skripsi

2 kampus di Italia dan Prancis menyediakan alternatif magang sebagai pengganti skripsi. Foto/Sam Global Univ

Sapienza Universita of Roma, Italia yang berada di ranking 134 dunia versi QS WUR 2024 atau Universite Paris-Saclay, Prancis peringkat 71 QS WUR 2024 adalah destinasi yang dituju.

Baca juga: Skripsi Tidak Wajib, Aiman Witjaksono: Tugas Akhir Harus Kreatif dan Solutif bagi Masyarakat
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1524 seconds (0.1#10.140)