Karier Pendidikan Ridwan Kamil, Kandidat Cawapres yang Ditimbang PDIP, Pemilik Gelar Master of Urban Design

Rabu, 13 September 2023 - 11:11 WIB
loading...
Karier Pendidikan Ridwan Kamil, Kandidat Cawapres yang Ditimbang PDIP,  Pemilik Gelar Master of Urban Design
Ridwan Kamil adalah pemegang gelar langka, Master of Urban Design, University Of California, Berkeley Amerika Serikat tahun 1999 sampai 2001. Foto/Dok Sindonews
A A A
JAKARTA - Ini jejak pendidikan Ridwan Kamil yang namanya disebut-sebut sebagai salah satu kandidat Cawapres Ganjar Pranowo. Nama Ridwan Kamil yang baru saja mengakhiri jabatan sebagai Gubernur Jawa Barat santer dikabarkan menjadi salah satu kandidat kuat Cawapres dari Ganjar Pranowo bersama nama Menparekraf Sandiaga Uno.

Mencuatnya nama Ridwan Kamil sebagai salah satu yang dipertimbangkan sebagai cawapres dari Bacapres Ganjar Pranowo itu salah satunya diungkapkan Ketua DPP PDIP Said Abdullah. Diakui Said, nama Ridwan Kamil bersama Sandiaga Uno sedang dipertimbangkan menjadi cawapres dari Ganjar Pranowo.

"Pak Sandiaga Uno sudah dicalonkan PPP. Kemudian Bung RK, iya. Kan tidak ada yang salah, itu benar semua yang disebutkan (masuk kandidat bacawapres Ganjar)," kata Said saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (12/9/2023).

Terlepas siapa nantinya yang akan dipinang sebagai cawapres resmi dari Bacapres Ganjar Pranowo, menarik untuk diulas siapa sosok Ridwan Kamil. Artikel kali ini akan membahas siapa sosok Ridwan Kamil secara khusus riwayat pendidikannya.


Riwayat Pendidikan Ridwan Kamil

Ridwan Kamil yang memiliki nama lengkap Mochamad Ridwan Kamil lahir di Bandung, Jawa Barat tanggal 4 Oktober 1971. Tahun 1978 Ridwan Kamil memasuki sekolah dasar di SDN Banjarmasin III Bandung.

Lalu pada sekolah menengah pertama, Ridwan Kamil bersekolah di SMP Negeri 2 Bandung pada tahun 1984. Kemudian, pria yang akrab dipanggil Kang Emil ini melanjutkan sekolah akhirnya di SMA Negeri 3 Bandung pada tahun 1987

Setelah lulus sekolah pada tahun 1990 Ridwan Kamil mengambil kuliah strata 1 atau S-1 di Fakultas Teknik Arsitektur, Institut Teknologi Bandung (ITB) dan berhasil lulus pada tahun 1995.

Sejak kuliah Ridwan Kamil dikenal aktif di berbagai kegiatan baik kelompok-kelompok mahasiswa maupun unit kegiatan seni di kampusnya, ITB. Saat kuliah Ridwan Kamil pun sudah hidup mandiri.

Pada 1996, Ridwan Kamil mengakhiri masa lajangnya dengan mempersunting Atalia Praratya Kamil. Empat tahun setelahnya, Ridwan Kamil mengambil dan melanjutkan studi Master nya di Master of Urban Design, University Of California, Berkeley Amerika Serikat tahun 1999 sampai 2001. Dirinya juga melanjutkan kuliah Doktornya dengan mengambil Doktor Honoris Causa, Dong-a University tahun 2019.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2356 seconds (0.1#10.140)