10 Universitas Terbaik di Jawa Barat Versi Webometrics 2023, Jadi Incaran Calon Mahasiswa

Kamis, 14 September 2023 - 11:25 WIB
loading...
10 Universitas Terbaik di Jawa Barat Versi Webometrics 2023, Jadi Incaran Calon Mahasiswa
Telkom University berada di urutan ke-4 unversitas terbaik di Jawa Barat versi lembaga pemeringkat Webometrics tahun 2023. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 10 universitas terbaik di Jawa Barat versi Webometrics 2023 . Setelah merilis daftar universitas terbaik di Januari 2023, Webometrics Ranking Web of Universities kembali telah merilis daftar kampus terbaik dunia di Juli 2023.

Mengutip laman Webometrics, Senin (31/7/2023), penilaian Webometrics berdasarkan 3 indikator. Yakni, visibility sebesar 50%, transparency atau openness sebesar 10%, dan excellence dengan bobot 40%. Dari hasil penilaian Webometrics di Juli 2023, banyak kampus terbaik di Indonesia yang datang dari banyak provinsi, termasuk di Jawa Barat. Artikenl kali ini akan membahas tuntas 10 kampus terbaik di Jawa Barat versi Webometrics 2023

10 Universitas Terbaik di Jawa Barat Versi Webomterics 2023


1. Universitas Indonesia (UI)

Peringkat di Indonesia : 1

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)


Peringkat di Indonesia : 3

3. IPB University


Peringkat di Indonesia : 6

4. Telkom University


Peringkat di Indonesia : 11

5. Universitas Padjadjaran (Unpad)


Peringkat di Indonesia : 16

6. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)


Peringkat di Indonesia :21

7. UIN Sunan Gunung Djati Bandung


Peringkat di Indonesia : 23

8. Universitas Gunadarma


Peringkat di Indonesia : 36

9. Universitas Kristen Maranatha


Peringkat di Indonesia : 49

10. Universitas Widyatama


Peringkat di Indonesia : 66


6 Perguruan Tinggi Swasta Populer di Kota Bandung

1.Universitas Telkom (Tel-U)

Saat ini, Telkom University memiliki tujuh fakultas yang berbeda.Fakultas-fakultas tersebut meliputi Fakultas Teknik Elektro, Fakultas Rekayasa Industri, Fakultas Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Selain itu, terdapat juga Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Fakultas Industri Kreatif, serta Fakultas Ilmu Terapan. Kampus utama Universitas Telkom terletak di Jalan Telekomunikasi 1, Terusan Buahbatu-Bojongsoang, Kelurahan Sukapura, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung. Selain itu, Telkom University juga telah membuka kampus di Jakarta.

2.Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung


Awalnya, Itenas terdiri dari beberapa jurusan, antara lain Arsitektur, Sipil, Elektro, dan Teknik. Pada tahun 1984, Itenas mengalami perubahan nama menjadi Itenas. Sejak itu, Itenas terus mengalami perkembangan menjadi salah satu perguruan tinggi terkemuka baik di tingkat nasional maupun internasional.

Pada tahun 2019, Itenas masuk dalam daftar 100 perguruan tinggi terbaik nonvokasi nasional dan menduduki peringkat ke-70 berdasarkan klasterisasi kinerja perguruan tinggi oleh Kemenristekdikti.

3.Universitas Pasundan (Unpas)


Unpas Bandung memiliki enam fakultas S1 yang menawarkan berbagai program studi. Fakultas tersebut meliputi Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ilmu Seni dan Sastra, serta Fakultas Kedokteran.

Selain itu, Unpas Bandung juga menyelenggarakan program pascasarjana (S2) dan program doktoral (S3). Universitas ini juga menawarkan pendidikan program profesi untuk guru dan dokter.

4.Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) Bandung


Sebelumnya dikenal sebagai POLTEKPOS, institusi ini mengalami perubahan menjadi ULBI. Lokasi kampus ULBI terletak di Jalan Sariasih, Nomor 54, Kelurahan Sarijadi, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung.

ULBI memiliki Fakultas Sekolah Vokasi yang menawarkan program Ahli Madya dan Sarjana Terapan.Di Sekolah Vokasi ULBI, terdapat beberapa program studi yang ditawarkan.

5. Universitas Katolik Parahyangan (Unpar)


Unpar, atau lebih dikenal sebagai Universitas Katolik Parahyangan, adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang didirikan pada tahun 1955. Awal mula Unpar dapat ditelusuri ke pembentukan fakultas pertamanya pada tanggal 17 Januari 1955. Pada hari itu, Akademi Perniagaan didirikan oleh Keuskupan Bandung melalui kerja sama antara uskup Bandung dan Bogor.

Kemudian, pada bulan Agustus 1955, Akademi Perniagaan tersebut ditingkatkan menjadi Perguruan Tinggi Sosio-Ekonomi Parahyangan yang saat ini merupakan Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan.Kampus utama Unpar Bandung terletak di Jalan Ciumbuleuit Nomor 94, Kelurahan Hegarmanah, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung.

6.Universitas Islam Bandung (Unisba)


Unisba, sebuah perguruan tinggi swasta, didirikan pada tahun 1958. Pada tahun 1957, sekelompok tokoh umat Islam Jawa Barat dan beberapa ulama menjadi anggota Konstituate, yang bertujuan untuk menciptakan kader-kader pemimpin umat yang memiliki keahlian dalam agama.

Saat ini, Unisba memiliki 10 fakultas untuk program sarjana (S1), 6 fakultas untuk program magister (S2), 2 fakultas untuk program doktor (S3), dan 3 fakultas untuk program profesi. Kampus utama Unisba terletak di Jalan Tamansari Nomor 1, Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0973 seconds (0.1#10.140)