12 Jurusan Ini Disebut Susah Tapi Sangat Menjanjikan di Masa Depan

Sabtu, 16 September 2023 - 11:55 WIB
loading...
12 Jurusan Ini Disebut Susah Tapi Sangat Menjanjikan di Masa Depan
Walaupun termasuk jurusan kuliahnya sering disebut sulit namun prospek kerja lulusan arsitektur diakui banyak orang sangat menjanjikan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar jurusan kuliah yang disebut tersulit tetapi prospeknya sangat menjanjikan di masa depan. Ada banyak jurusan yang bisa dipilih mahasiswa di dunia perguruan tinggi. Setiap tahunnya, para calon mahasiswa akan dibuat pusing untuk memilih jurusan karena banyaknya jurusan yang ada.

Dari sekian jurusan di perguruan tinggi, rupanya ada yang terkenal dengan kesulitan saat awal mendaftar bahkan dalam menempuh perkuliahannya. Meski demikian, siapa sangka faktanya meski disebut sulit tetapi sejumlah jurusan ini memiliki masa depan cerah. Artikel kali ini akan membahasnya secara tuntas jurusan apa saja yang dikenal susah tetapi masa depannya bagus.

12 Jurusan Kuliah yang Dikenal Sulit Tetapi Punya Masa Depan Menjanjikan

1. Teknik Arsitektur


Menurut studi dan opini oleh beberapa pakar, hampir selalu memasukkan jurusan ini sebagai jurusan kuliah tersulit bahkan dari ilmu-ilmu sains. Alasannya adalah karena mahasiswa arsitektur ini akan belajar terkait asesor untuk studi kelayakan proyek, pengelolaan bangunan dan lingkungan, bekerja di industri bahan dan elemen bangunan, dan beberapa pelajaran penting lainnya.

Walaupun termasuk jurusan kuliah tersulit, namun prospek kerja lulusan arsitektur diakui banyak orang sangat menjanjikan. Selain menjadi arsitek, kamu juga berpeluang menjadi seorang Kontraktor, Developer, Surveyor, Konsultan Arsitektur, dan masih banyak lagi

2.Astronomi


Jurusan yang mempelajari ilmu alam semesta ini, dikenal sulit karena banyak hal yang perlu dipelajari dan dihafalkan dalam bidang ini, para mahasiswa akan mempelajari mengenai awan, planet, bebatuan, bintang, dan hal-hal lainnya. Kalau kamu tertarik untuk masuk di jurusan astronomi, setidaknya kamu memiliki minat pada kalkulus, matematika, hingga software.

Astronomi memang termasuk jurusan kuliah tersulit, namun prospek pekerjaan bagi lulusan ini ternyata sangat luas. Mulai dari bekerja di lembaga penelitian seperti Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika BMKG hingga Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), dan lembaga pendidikan seperti perguruan tinggi.

3.Ilmu Fisika Murni


Ilmu fisika murni dikenal tak mudah ketika studi di bangku perkuliahan. Kamu tidak hanya belajar untuk menghitung dengan rumus, tetapi mempelajari sesuatu hal yang lebih luas.

Nantinya, adapun peminatannya juga seperti fisika nuklir dan partikel, fisika material, fisika material terkondensasi, fisika instrumentasi elektronika, geofisika, fisika medis, dan juga biofisika.

Peluang atau prospek kerja ini tentunya kamu bisa menjadi ilmiah Fisika di dalam maupun luar negeri, jadi PNS, bekerja di perusahaan energi, BUMN, dan masih banyak lagi.


4.Biologi dan Sel Molekuler


Dari namanya sudah terdengar cukup sulit, ya? Namun, jurusan ini sangat penting untuk perkembangan ilmu sains.
Jurusan ini membedah bagaimana kapasitas dan bentuk-bentuk dari makhluk-makhluk hidup. Umumnya, kamu juga akan belajar kimia, sains, matematika, biokimia, ekologi, molekuler, hingga imunologi.

Meskipun jurusan biologi dan sel molekuler termasuk salah satu jurusan kuliah tersulit, namun berikut ini adalah beberapa prospek kerjanya yaitu menjadi seorang Ahli Biostatistik, Ahli Biomedis, Peneliti Bioinformatika, Dosen, Research & Development, dan lainnya.

5.Teknik Penerbangan


Jurusan ini menyita banyak waktu yakni sekitar 19 jam per minggu untuk mengerjakan tugasnya, loh! Kalau di Indonesia, jurusan ini biasa dikenal dengan jurusan teknik mesin dan dirgantara.

Beberapa hal yang akan dipelajari dalam jurusan ini seperti perancangan mesin, konversi energi, teknik produksi mesin, desain hingga perawatan pesawat terbang, dan lain-lain. Memang jurusan teknik penerbangan merupakan jurusan kuliah tersulit tapi jika kamu serius untuk menjalaninya prospek karier yang menjanjikan akan menantimu

Prospek karier teknik penerbangan kamu bisa bekerja di beberapa instansi swasta maupun negeri seperti Kementrian Perhubungan Republik Indonesia, lembaga penelitian LAPAN, bidang pendidikan seperti menjadi tenaga pengajar di berbagai Universitas, dan lainnya.

6. Kedokteran dan Bedah


Mahasiswa kedokteran nantinya akan selalu berhubungan dengan kehidupan manusia yang beragam dan dinamis. Perlu penguasaan di bidang mendiagnosis dan mengobati penyakit serta cara-cara mencegahnya. Tak hanya dari aspek medis, tapi juga dari aspek psikis, sosial dan budaya. Selain ilmu dasar seperti anatomi, fisiologi, biokimia yang harus dipelajari nantinya, tapi juga pendamping ilmu klinis seperti patologi, psikiatri, dan lain sebagainya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2273 seconds (0.1#10.140)