Mengenal Aktuaria, Salah Satu Jurusan Langka di Perguruan Tinggi Indonesia

Sabtu, 16 September 2023 - 12:45 WIB
loading...
Mengenal Aktuaria, Salah Satu Jurusan Langka di Perguruan Tinggi Indonesia
Aktuaria adalah ilmu yang menerapkan kombinasi teori matematika, statistika, dan ekonomi untuk menganalisis dan mengukur dampak finansial risiko kejadian di masa yang akan datang.Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini jurusan Aktuaria yang dikenal sebagai salah satu jurusan langka di Indonesia. Secara teori aktuaria adalah ilmu yang menerapkan kombinasi teori matematika, statistika, dan ekonomi untuk menganalisis dan mengukur dampak finansial risiko kejadian di masa yang akan datang.

Banyak orang yang mengenal jurusan aktuaria berkaitan erat dengan asuransi, karena jurusan ini mengajarkan mahasiswanya untuk merancang solusi permasalahan pada pengelolaan dana pensiunan, perbankan, investasi, dan banyak lainnya. Dirangkum dari berbagai sumber, ini hal-hal factual dari prodi Aktuari, salah satu jurusan kuliah langka di Indonesia

Ini yang Dipelajari Program Studi Aktuaria

1. Di universitas, jurusan Aktuaria biasanya termasuk ke dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Sehingga tak heran jika kemampuan matematika menjadi salah satu dasar yang harus dimiliki peminat jurusan ini.

2. Meski berada di rumpun FMIPA, jurusan pencetak aktuaris ini juga mempelajari perihal keuangan, akuntansi, manajemen, dan berbagai ilmu yang berkaitan dengan data science.

3. Mata kuliah yang ada di dalamnya seperti hukum asuransi, probabilitas statistika, teori investasi, matematika keuangan, komputerisasi dan pemrograman aktuaria.

4. Mahasiswa prodi ini dapat memilih beberapa peminatan yang ada di jurusan. Di ITS misalnya, terdapat 3 peminatan yang berbeda yakni aktuaria bencana, syariah, dan kelautan.

5. Mahasiswa sarjana yang mengambil jurusan ini akan diwisuda dengan gelar S. Aktr.

6. Lulusan prodi Aktuaria ini diharapkan dapat menjadi aktuaris yang memiliki keahlian dalam bidang administrasi asuransi dan keahlian perencanaan keuangan.

7. Dilansir dari laman Kemdikbud, aspek keilmuan bidang ini akan terus berkembang sehingga menjadi sangat potensial untuk di masa yang akan datang.

8. Profesi aktuaris di Indonesia sangat dibutuhkan, lulusan ini memiliki banyak peluang di bidang asuransi dan keuangan.

9. Cakupan pekerjaannya pun cukup luas, aktuaris dapat berkecimpung di bidang asuransi jiwa, kesehatan, keuangan, kendaraan, manajemen risiko, dan sebagainya.


Sejumlah Bidang Profesi yang Bisa Digeluti Lulusan Aktuaria

1. Asuransi
2. Dana pensiun
3.Investasi
4. Manajemen risiko
5. Perbankan
6. Manajemen asuransi jiwa dan kesehatan
7. Analis keuangan
8. Analis data

Daftar Kampus di Indonesia yang Memiliki Program Studi Aktuaria

1. Universitas Indonesia (UI)
2. Universitas Gadjah Mada (UGM)
3. Institut Pertanian Bogor (IPB University)
4. Institut Teknologi Bandung (ITB)
5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
6. Universitas Brawijaya (UB)
7. Universitas Hasanuddin (Unhas)
8. Universitas Presiden
9. Universitas Prasetiya Mulya
10. Universitas Surya
11. Universitas Pelita Harapan
12. Universitas Katolik Parahyangan
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3063 seconds (0.1#10.140)