Pertukaran Budaya Jembatani Kerjasama 4 Universitas Indonesia dan Universitas Thailand

Sabtu, 16 September 2023 - 19:32 WIB
loading...
Pertukaran Budaya Jembatani Kerjasama 4 Universitas Indonesia dan Universitas Thailand
Sebanyak 4 universitas dari Indonesia menandatangani MoU kerja sama dengan 4 universitas dari Thailand pada program pertukaran budaya Indonesia dan Thailand, 14-15 September 2023. Foto/Ist
A A A
BANGKOK - Sekali merangkuh dayung, dua tiga pulau terlampau, begitulah gambaran kegiatan yang dilaksanakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok pada program pertukaran budaya antara Indonesia dan Thailand pada tanggal 14-15 September 2023.

Dalam program pertukaran budaya tersebut, selain mahasiswa Indonesia dapat belajar tari Thailand dan mahasiswa Thailand dapat belajar tari Indonesia, 4 universitas dari Indonesia juga telah berhasil menandatangani MoU kerja sama dengan 4 universitas dari Thailand.

Adapun empat universitas dari Indonesia tersebut adalah Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Brawijaya dan Universitas Islam Indonesia. Sedangkan empat universitas dari Thailand adalah Universitas Kamphaeng Phet Rajabhat, Universitas Nakhon Sawan Rajabhat, Bunditpatanasilpa Institute, dan Universitas Ramkhamhaeng.

Fokus kerja sama antara 4 universitas Indonesia dengan mitranya dari Thailand antara lain meliputi pertukaran informasi akademis dan materi, pertukaran kegiatan kebudayaan serta perencanaan dan adminstrasi pertukaran antar mahasiswa.



Disamping itu juga diatur mengenai kerja sama pengelolaan dan penyediaan bantuan kepada mahasiswa yang melakukan riset dalam jangka waktu singkat dan praktek lapangan, serta inisiatif berbagai kegiatan terkait akademik lainnya. Penandatangan MoU kerja sama antar empat universitas Indonesia dengan Bunditpattanasilpa Institute dilaksanakan pada tanggal 14 September 2023 setelah pelaksanaan workshop tari Thailand yang diikuti oleh mahasiswa dan dosen tari dari Indonesia.

Sementara itu, penandatanganan MoU antara empat universitas Indonesia dan tiga universitas di Thailand lainnya dilaksanakan di Gedung Olahraga KBRI Bangkok, sebelum pelaksanaan workshop tari Indonesia yang diikuti 166 mahasiswa Thailand yang berasal dari 12 universitas di Thailand.

Menurut Duta Besar Indonesia untuk Thailand, Rachmat Budiman, program pertukaran kebudayaan ini dapat menjadi jembatan bagi kedua belah pihak untuk saling mengenal lebih baik satu sama lainnya. “MoU kerja sama ini bukan hasil akhir ya Bapak-Ibu, melainkan titik awal kerja sama yang harus diimplementasikan berbagai kerja sama yang tertuang di dalamnya di masa yang akan datang,” ujar Rachmat dalam keterangan resminya, Sabtu (16/9/2023).

Kunjungan ke-empat universitas dari Indonesia tersebut ke Bangkok dalam rangka memenuhi undangan Duta Besar RI Bangkok guna berpartisipasi pada kegiatan Indonesian Cultural Night-Malam Kebudayaan Indonesia yang akan dilaksanakan pada 17 September 2023 di salah satu theater terbaik di Bangkok, yaitu Ganesha Theater Siam Square One.

Pada kegiatan promosi kebudayan Indonesia tersebut, tim tari dari Universitas Islam Indonesia akan menampilkan Tari Ratih Jaroe dan Tim tari dari Universitas Negeri Surabaya akan menampilkan Tari Citrolangenan. Sedangkan tim tari dari Universitas Negeri Yogyakarta akan mementaskan Tari Mutiara Nusantara dan tim tari dari Universitas Brawijaya menyuguhkan Tari Reog Ponorogo.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1463 seconds (0.1#10.140)