Universitas Ini Memperbolehkan Lulusan SMK Daftar Jurusan Kedokteran, Mana Saja?

Senin, 18 September 2023 - 12:34 WIB
loading...
Universitas Ini Memperbolehkan Lulusan SMK Daftar Jurusan Kedokteran, Mana Saja?
Universitas Negeri Semarang (Unnes) menjadi salah satu PTN yang memperbolehkan lulusan SMK mendaftar di Fakultas Kedokteran. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar universitas negeri yang menerima lulusan SMK mendaftar di jurusan Kedokteran .Biasanya jurusan Kedokteran Perguruan Tinggi Negeri (PTN) hanya menerima lulusan siswa SMA atau MA jurusan IPA.

Namun tahukah kamu, tak hanya lulusan SMA/MA saja yang bisa mendaftar program studi (Prodi) S1 Kedokteran. Lulusan SMK juga bisa masuk jurusan ini, hanya saja perlu pertimbangan matang untuk mendaftar jurusan ini termasuk mencocokkan jurusan yang kamu ambil saat SMK.

Jika melihat saat seleksi mahasiswa baru tahun 2022, memang lulusan SMK tidak bisa mendaftar jurusan ini. Namun setelah diterapkannya Merdeka Belajar saat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023, siswa SMA, MA maupun SMK bisa lintas jurusan saat kuliah.

Hingga saat ini, setidaknya baru ada 3 PTN yang secara terbuka memperbolehkan siswa SMK bisa mendaftar Jurusan Kedokteran. Meski begitu, kebanyakan siswa SMK yang dapat memilih jurusan Kedokteran biasanya dari siswa SMK jurusan kesehatan perawatan, kesehatan masyarakat, atau ilmu gizi.

Sebab ada linieritas antara bidang studi saat sekolah dan saat kuliah. Artikel kali ini akan membahas 2 PTN yang membuka pendaftaran untuk lulusan SMK di jurusan Kedokteran.

Daftar Universitas yang Menerima Lulusan SMK Mendaftar di Jurusan Kedokteran

A. Universitas Negeri Semarang (Unnes)


Unnes membuka jurusan Kedokteran khusus tahun 2023. Dari persyaratan yang ada di laman Unnes, lulusan SMK bisa ikut mendaftar. Ini rincian persyaratannya:

1. Siswa lulusan SMA/SMK/MA atau yang sederajat tahun 2023, 2022, dan 2021 dari sekolah yang terakreditasi dan sudah memiliki ijazah.

2. Usia pendaftar paling tinggi 22 tahun pada saat mendaftar.

3. Bagi lulusan Sekolah di Luar Negeri Wajib memiliki surat penyetaraan ijazah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

4. Peserta memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di bidang studi.

5. Sanggup mematuhi Etika dan Tata Tertib Mahasiswa Universitas Negeri Semarang serta memenuhi semua persyaratan sebagai mahasiswa Unnes.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1714 seconds (0.1#10.140)