Apa yang Dimaksud Masa Sanggah dalam CPNS 2023? Ini Pengertian dan Cara Mengajukannya

Senin, 18 September 2023 - 15:02 WIB
loading...
Apa yang Dimaksud Masa Sanggah dalam CPNS 2023? Ini Pengertian dan Cara Mengajukannya
Ada masa sanggah CPNS 2023 yang diberikan kepada pendaftar terhadap pengumuman hasil seleksi. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Masa sanggah CPNS 2023 perlu diketahui para pendaftar supaya dapat memanfaatkannya dengan baik. Saat masa rekrutmen CPNS 2023 berlangsung, ada waktu pengajuan sanggah yang diberikan kepada pendaftar terhadap pengumuman hasil seleksi.

Masa sanggah diberikan dalam kurun waktu tertentu. Waktu masa sanggah ini akan berlangsung setelah seleksi yang dilakukan, baik administrasi, SKD, dan SKB.

Pengertian Masa Sanggah CPNS 2023


Masa sanggah adalah waktu pengajuan sanggah untuk para pendaftar yang belum dinyatakan lolos seleksi. Umumnya, masa sanggah CPNS ini akan diadakan selama 3 hari setelah pengumuman seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar, dan seleksi kompetensi bidang.



Dalam masa sanggah ini, pendaftar yang dinyatakan tidak lolos seleksi akan diberikan waktu untuk menyanggah hasil seleksi. Nantinya, pihak instansi akan memverifikasi kembali kesesuaian persyaratan umum dan khusus yang sudah ditetapkan sebelumnya dengan dokumen persyaratan yang diajukan oleh pelamar.

Dengan demikian, peserta yang merasa dirugikan dengan hasil seleksi bisa mengetahui penyebab mereka tidak bisa lolos ke tahap selanjutnya.

Cara Mengajukan Sanggahan pada Seleksi CPNS 2023


Setelah pengumuman seleksi, para peserta CPNS dapat melakukan sanggahan dengan cara berikut.

- Pertama, mengunjungi laman resmi SSCASN
- Login menggunakan akun yang telah dibuat ketika mendaftar CPNS
- Setelah itu, nanti akan ada kolom sanggahan yang dapat diisi dengan penjabaran kronologis dan mengunggah bukti dukungan yang diperlukan.



Perlu dicatat bahwa pendaftar hanya diperbolehkan sekali saja untuk melakukan masa sanggah ini. Pendaftar juga harus menyampaikan alasan yang benar, tidak mengada-ada, realistis, dan hanya berdasarkan dokumen yang sebelumnya telah diunggah saat pendaftaran.

Itulah pengertian tentang masa sanggah CPNS 2023 beserta cara untuk menyampaikan sanggahan melalui laman resmi SSCASN. Semoga informasi ini bermanfaat.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2086 seconds (0.1#10.140)