10 Pertanyaan untuk Calon Ketua OSIS saat Debat, Bisa Dijadikan Referensi!

Selasa, 19 September 2023 - 08:15 WIB
loading...
10 Pertanyaan untuk Calon Ketua OSIS saat Debat, Bisa Dijadikan Referensi!
10 pertanyaan untuk calon Ketua OSIS saat debat. Foto/Laman SMAN 7 Tanjung Pinang.
A A A
JAKARTA - OSIS atau Organisasi Siswa Intra Sekolah merupakan sebuah organisasi yang berguna dalam kemajuan sekolah . OSIS juga bisa membangun jiwa kepemimpinan siswa melalui kegiatan-kegiatan positif yang telah tersusun dalam program kerja tahunan.

OSIS biasanya juga berperan penting dalam kegiatan ekstrakurikuler seperti basket, PMR, Paskibra, dan lain-lain. Setiap anggota OSIS akan bekerja sesuai dengan bidangnya agar semua program kerja terlaksanakan dengan baik.

Untuk mewujudkan OSIS yang berfungsi dengan baik serta terciptanya kerja sama yang kuat antar anggota, tentu memerlukan Ketua OSIS yang baik pula.

Berikut 10 Pertanyaan untuk Calon Ketua OSIS saat Debat

1. Hal Apa yang Ingin Anda Lakukan di Sekolah Ini?

Pertanyaan ini berfungsi untuk mengetahui hal-hal yang ingin dilakukan calon ketua OSIS setelah terpilih nanti. Pertanyaan ini juga berfungsi untuk mengetahui konsep serta pemikiran calon ketua OSIS sudah dipikirkan secara matang atau belum.

2. Apabila Ada Program Kerja yang Tidak Berjalan, Apa Bentuk Tanggung Jawab yang akan Anda Lakukan?

Baca juga: Rata-Rata Gaji Guru Sejumlah Negara di Dunia, Swiss Terbesar

Pertanyaan ini berfungsi untuk mengukur tingkat ketegasan calon Ketua OSIS dalam mengatur anggotanya. Selain itu, pertanyaan ini juga dapat mengukur bagaimana tanggung jawab calon ketua OSIS tersebut.

3. Bagaimana Cara Anda Mengatur Waktu antara Pelajaran dan Kegiatan OSIS yang Berjalan Beriringan?


Pertanyaan ini untuk memastikan cara calon Ketua OSIS membagi waktunya dengan terukur dan pasti. Walaupun pertanyaan ini termasuk pertanyaan standar, tetapi hal ini sangat penting agar nantinya calon Ketua OSIS tidak meninggalkan tanggung jawabnya begitu saja.

4. Program Kerja Seperti Apa yang Menurutmu bisa Memajukan Sekolah? Berikan Contoh Konkretnya!

Pertanyaan ini sangat penting diajukan untuk mengetahui program kerja apa saja yang akan dijalankan dan bagaimana cara calon Ketua OSIS memaparkan rencana program kerjanya.

5. Apabila Terdapat Anggota OSIS yang Merusak Nama Baik OSIS, Bagaimana Cara Anda Menghadapinya?

Pertanyaan ini berfungsi untuk mengetahui bagaimana cara calon Ketua OSIS memecahkan masalah, memimpin, dan bertanggung jawab di dalam organisasinya.

Baca juga: 10 Provinsi dengan Sebaran Sekolah Luar Biasa (SLB) Terbanyak, Jakarta Terlempar dari 5 Besar

6. Apa yang Membuat Anda Layak Menjadi Ketua OSIS?

Pertanyaan ini dapat menggali seberapa percaya diri calon Ketua OSIS tersebut dan dapat menggali pengetahuan calon Ketua OSIS terkait jabatan yang akan diembannya nanti.

7. Apa Visi dan Misi Anda?


Meskipun pertanyaan umum, tetapi pertanyaan ini sangat penting untuk diajukan. Karena visi dan misi yang dipegang calon Ketua OSIS akan berpengaruh dengan kinerja organisasinya nanti.

8. Seberapa Penting Jabatan Ini untuk Anda?


Pertanyaan ini dapat mengetahui bagaimana calon Ketua OSIS memandang jabatannya, apakah hanya sebatas obsesi, alat, atau hanya membutuhkan validasi dari orang-orang di sekitarnya.

9. Apa Alasan Anda ingin Menjadi Ketua OSIS?

Pertanyaan ini dapat mengetahui dan mengukur pandangan serta pemikiran dari calon Ketua OSIS. Hal ini bisa dilihat dari jawabannya, apakah ia akan memberikan inovasi baru atau hanya melanjutkan program kerja yang sudah ada.

10. Apa Definisi Organisasi untuk Anda dan Seberapa Penting Organisasi Itu?


Pertanyaan ini bermanfaat untuk mengetahui pola pikir calon Ketua OSIS dalam memandang sebuah organisasi dan mengetahui gaya kepemimpinan yang akan diterapkannya.

Demikian tadi 10 pertanyaan untuk calon Ketua OSIS saat debat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.

MG/Shandya Pricilla
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1691 seconds (0.1#10.140)