Deretan Sosok Rektor Termuda di Indonesia, Siapa Saja?

Selasa, 19 September 2023 - 13:39 WIB
loading...
Deretan Sosok Rektor Termuda di Indonesia, Siapa Saja?
Dunia perguruan tinggi Indonesia mencatat setidaknya ada 4 sosok rektor termuda di Indonesia, salah satunya Risa Santoso yang menjabat rektor di usia 27 tahun. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini deretan sosok rektor perguruan tinggi termuda di Indonesia. Rektor adalah jabatan akademik tertinggi di perguruan tinggi. Tugas seorang rektor yaitu memimpin lembaga perguruan tinggi agar mampu mencapai visi yang ditetapkan.

Latar belakang pendidikan yang berkualitas dan ditambah dengan pengalaman luar biasa, menjadi salah satu syarat menjadi rektor. Biasannya sosok yang menjabat rektor berasal dari dosen senior. Tapi tahukah kamu, di Indonesia terdapat sejumlah rektor dengan usia tergolong muda saat ditunjuk menjadi orang nomor satu di sebuah institusi perguruan tinggi. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah sejumlah orang yang menjadi rektor di usia muda.

4 Sosok Rektor Termuda di Indonesia

1.Risa Santoso


Risa Santoso, lahir pada 27 Oktober 1992, lulusan kampus ternama yaitu S1 University Of California Amerika Serika, jurusan Ekonomi. Selanjutnya S2 Harvard University jurusan Pendidikan, melalui beasiswa Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP).

Tidak hanya itu Risa juga pernah menjadi staf di kantor Presiden, menjabat sebagai tenaga ahli muda. Bahkan Risa merupakan inisiator dari ASIA interprenunership Training Program, merupakan program akselerasi kerjasama dari Swiss dan Indonesia.

Risa dilantik menjadi Rektor Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) di ASIA Malang pada 2 November 2019 dan sekarang menjadi rektor termuda se Indonesia karena saat dilantik dirinya berusia 27 tahun.

Namun sebelum menjadi rektor Risa pernah menjabat sebagai Direktur Pengembangan Bisnis di Kampus ASIA. Keinginannya untuk terjun ke dunia pendidikan akhirnya bisa terwujud dengan menjadi rektor di Institut Teknologi dan Bisnis.

2. Riki Saputra


Riki Saputra kelahiran 13 Desember 1982 Bukittinggi, Sumatera Barat. Ia merupakan lulusan Aqidah Filsafat IAIN Iman Bonjol Padang pada 2005. Pada 2008 Riki melanjutkan studi pascasarjana di kampus yang sama dan meraih gelar Master Filsafat Islam.

Kemudian mendapatkan gelar Doktor Ilmu Filsafat di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta pada 2015. Riki membuat disertasi berjudul "Krisis Spiritual Manusia Modern dalam Perspektif Filsafat Perennial Huston Smith".



Pada umur 36 tahun Riki ditetapkan menjadi Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) pada 7 Febeuari 2019. Sebelum menjadi rektor, Riki pernah mengajar di UMSB pada 2014, dan menjabat sebagai Direktur Program Pascasarjana UMSB pada 2018. Sebagai rektor Riki berencana membuka Program Pascasarjana Pendidikan Agama Islam dan membuka prodi baru.

3.Anies Baswedan


Anies Baswedan lahir pada 7 Mei 1969 di Kuningan. Dia menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta masa jabatan pada 2017-2022, dan menjabat menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada periode 2014-2016. Kemudian pernah tercatat menjadi rektor termuda di Indonesia.

Pada 15 Mei 2007, Anies dilantik menjadi rektor Universitas Paramadina Jakarta pada usia 38 tahun dan tercatat menjadi salah satu rektor termuda di Indonesia. Anies mempunyai program beasiswa untuk para mahasiswa meliputi biaya buku, kuliah, dan biaya hidup.

Gebrakan yang Anies lakukan adalah menambahkan mata kuliah anti korupsi, karena didasari oleh persoalan bangsa ini yaitu praktik korupsi, yang diajarkan adalah kerangka teoritis sampai laporan investigatif tentang praktik korupsi.

4.Firmanzah


Firmanzah lahir pada 7 Juli 1976 di Surabaya. Lulusan Universitas Indonesia jurusan Manajemen pada 1998, selanjutnya lulus Magister Manajemen pada 2000. M. Phill of Organisation and Manajemen Strategic, University of Lille pada 2005, Program Doktoral dalam strategic and Manajemen International (UUPA).

Firmanzah merupakan profesor termuda dan merupakan mantan dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada 2009-2012 dan juga pernah menjabat sebagai staf ahli ekonomi pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2012-2014.

Firmanzah terpilih menjadi rektor Universitas Paramadina pada 2015, menggantikan Anies Baswedan yang sebelumnya juga menjadi salah satu rektor termuda di Indonesia. Firmanzah ingin mewujudkan Universitas Paramadina sebagai kampus yang independen dan kultural.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1669 seconds (0.1#10.140)