7 Tips Lolos Tes SKD dan SKB CPNS 2023, Pahami Pola Soal

Kamis, 21 September 2023 - 11:24 WIB
loading...
7 Tips Lolos Tes SKD dan SKB CPNS 2023, Pahami Pola Soal
Simak tips lolos tes SKD dan SKB CPNS 2023. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tips lolos tes SKD dan SKB CPNS 2023 perlu disimak para peserta yang mendaftar. Penerimaan CPNS 2023 sudah dibuka sejak 20 September 2023.

Setiap peserta yang mendaftar CPNS harus melewati beberapa tahapan seleksi. Salah satunya Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

SKD adalah tahap awal yang harus diikuti oleh semua peserta setelah lolos seleksi berkas. Tes ini menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

SKD terdiri dari tiga materi, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Kompetensi Bidang atau TKP. Sementara untuk SKB terdiri dari tes kompetensi jabatan, tes wawancara, dan tes lain seperti uji portofolio ataupun presentasi dan wawancara.



Bagi para calon pelamar, ada baiknya untuk menyimak beberapa tips untuk bisa menaklukan tes SKD dan SKB CPNS 2023.

Tips Lolos Tes SKD dan SKB CPNS 2023


1. Memahami Pola Soal dan Materi Ujian


Pelajari pola soal dan materi ujian yang akan diuji. Pahami jenis soal yang umum muncul dan fokuskan belajar pada materi yang sering keluar dalam ujian SKD dan SKB.


2. Mengerjakan Soal yang Termudah


Tips untuk menyelesaikan Tes SKD dan TKP CPNS 2023 adalah mengutamakan soal TKP terlebih dahulu. Soal tersebut tidak memiliki jawaban yang salah dan minim terhenti dalam pengerjaan soal. Lalu dilanjutkan dengan tes TWK dan TIU yang terakhir.

3. Jangan Pernah Menyisakan Jawaban Kosong


Sangat disarankan untuk tidak meninggalkan soal tanpa jawaban, terutama dalam Tes Kompetensi Dasar (TKP). Dalam jenis tes ini, mendapatkan jawaban dengan bobot terendah tetap dihargai 1 poin. Hal ini lebih baik daripada tidak menjawab sama sekali dan mendapatkan bobot 0. Terlebih lagi, bobot nilai TKP lebih tinggi dibandingkan tes lainnya.

4. Mengelola Waktu dengan Baik


Latih diri Anda untuk menjawab soal dengan waktu yang terbatas. Bangun kecepatan dan ketepatan dalam mengerjakan soal agar dapat menyelesaikan ujian sesuai batas waktu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1242 seconds (0.1#10.140)