Tanamkan Moderasi Sejak Usia Dini, Kemenag Luncurkan Gebyar PAI Tingkat PAUD

Sabtu, 23 September 2023 - 09:43 WIB
loading...
Tanamkan Moderasi Sejak Usia Dini, Kemenag  Luncurkan Gebyar PAI Tingkat PAUD
Dirjen Pendidikan Islam Kemenag, Muhamamd Ali Ramdhani menyambut baik gebyar Pendidikan Agama Islam (PAI) TK yang mengusung tema Moderat Sejak Usia Dini. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kementerian Agama kembali menggelar Gebyar Pendidikan Agama Islam (PAI) Taman Kanak-kanak (TK) . Pada gelaran tahun ini mengusung tema "Moderat Sejak Usia Dini".Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhamamd Ali Ramdhani menyambut baik dan mendukung gelaran gebyar tingkat usia dini tersebut. Dirinya berpesan agar segala sesuatunya harus dipersiapkan secara matang.

Menurut Ali, sejatinya Direktorat PAI adalah etalase atau jendela Kementerian Agama pada lembaga pendidikan sekolah umum. Sehingga harus memberikan layanan terbaiknya. Terlebih penguatan moderasi beragama telah menjadi salah satu perhatian utama Menteri Agama dan telah menjadi program prioritas Gus Men, sapaan Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas.

“Tema ini merefleksikan tekad Kementerian Agama untuk membekali anak-anak TK dengan semangat moderasi beragama sedini mungkin dan sejak usia dini,” kata pria yang akrab disapa Kang Dhani dalam keterangn resminya, Sabtu (23/9/2023) di Jakarta.



Sedangkan Direktur PAI Amrullah mengatakan, tema Moderat Sejak Usia Dini diyakini memiliki relevansi yang kuat. Sebab, usia dini merupakan momentum penting dalam menanamkan nilai-nilai dasar dan karakter individu, salah satunya nilai moderasi beragama.

"Kami sangat mengapresiasi semangat yang ditunjukkan para peserta dan para pembimbing acara Gebyar PAI TK ini. Membina dan mengarahkan siswa TK tentu memerlukan upaya yang lebih daripada siswa pada jenjang usia lainnya."Saya berharap, para peserta lomba, baik dari para siswa maupun guru TK, dapat mengikuti lomba ini dengan penuh semangat, kebersamaan, dan kegembiraan dengan tetap menjunjung dan memedomani petunjuk teknis Gebyar PAI TK," harap Amrullah

Dengan segala keterbatasan dan kesulitan yang ada, Amrullah juga berharap Gebyar PAI TK tetap bisa berjalan dengan maksimal dan lebih baik dari pelaksanaan sebelumnya, “Kami meyakini, semangat moderat yang ditanamkan sejak usia dini akan memengaruhi pandangan mereka tentang keberagamaan dan keberagaman terpatri mereka dewasa nantinya," tukasnya.

Kasubdit PAI pada PAUD-TK, Lelis Tsuroya Herniatian menambahkan, saat ini sudah dilaksanakan Babak Penyisihan Gebyar PAI berlangsung di Kota Tangerang, 21 – 23 September 2023.

Sedangkan menurut Kasubdit Alumni UIN Jakarta menjelaskan, akan ada dua kategori lomba dalam Gebyar PAI TK, ketegori guru dan siswa. Untuk kategori guru TK, ada dua cabang, yaitu: Lomba Karya Inovasi Pembelajaran PAI di TK dan Lomba Cipta Lagu Moderasi Beragama Versi Anak.

Untuk kategori siswa juga ada dua cabang, yaitu: Da’i Cilik (Putra/Putri) dan Hafalan Surat Pendek (Putra/Putri). “Para pemenang babak penyisihan akan kembali unjuk kebolehan pada final Gebyar PAI TK yang akan akan diselenggarakan di Tangerang Selatan pada awal Oktober,” jelas Lelis.

Pada babak Penyisihan Lomba Gebyar PAI TK ini dihadiri seluruh Kasubdit pada Direktorat PAI, Kasubag TU PAI Solla Taufiq, dan para PTP. Hadir juga para dewan juri, panitera, serta panitia Gebyar PAI TK 2023.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1878 seconds (0.1#10.140)