6 Jurusan Kuliah yang Dicari Kementerian ESDM pada CPNS dan PPPK 2023

Senin, 25 September 2023 - 11:43 WIB
loading...
6 Jurusan Kuliah yang Dicari Kementerian ESDM pada CPNS dan PPPK 2023
Banyak jurusan kuliah yang dibutuhkan Kementerian ESDM pada rekrutmen CPNS dan PPPK 2023. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Banyak jurusan kuliah yang dibutuhkan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ( ESDM ) pada rekrutmen CPNS dan PPPK 2023. Secara total, Kementerian ESDM membuka 244 formasi di tahun ini.

Dilansir dari laman resmi Kementerian ESDM, Agung Pribadi selaku Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM menjelaskan, ada sebanyak 244 formasi jabatan yang dibuka untuk jenjang pendidikan SMA hingga S2.

Dari formasi tersebut akan dibagi menjadi 3 jenis seleksi untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).



Di antaranya, 4 formasi CPNS untuk menjadi Asisten Dosen Ahli, 190 PPPK Teknis, dan 50 PPPK Tenaga Kesehatan. Kementerian ESDM juga membagi formasi PPPK menjadi 60% untuk kebutuhan umum dan 40% untuk kebutuhan khusus.

Lantas, jurusan kuliah apa saja yang dibutuhkan oleh Kementerian ESDM pada rekrutmen CPNS dan PPPK 2023? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Jurusan Kuliah yang Dicari Kementerian ESDM di CPNS dan PPPK 2023


1. Teknik Pertambangan


Kementerian ESDM membutuhkan S2 Teknik Pertambangan untuk mengisi jabatan Asisten Ahli Dosen untuk Politeknik Energi Pertambangan Bandung - 1. Dalam formasi ini dibutuhkan dua tenaga ahli.

2. Teknik Material dan Metalurgi


Kementerian ESDM juga membuka dua formasi untuk S2 Teknik Material dan Metalurgi untuk mengisi jabatan Asisten Ahli Dosen untuk Politeknik Energi Pertambangan Bandung - 2.


3. Apoteker


Seperti yang telah dijelaskan di atas, Kementerian ESDM membuka cukup banyak formasi untuk PPPK 2023. Salah satunya adalah tenaga kesehatan. Ahli Pertama Apoteker untuk beberapa klinik ini terdapat sekitar tujuh formasi yang dibuka.

4. Dokter


Dokter juga menjadi ahli kesehatan yang dibutuhkan oleh Kementerian ESDM. Terdapat sekitar 12 formasi dokter yang dibutuhkan Kementerian ESDM untuk CPNS dan PPPK 2023 ini.

5. Dokter Gigi


Selain dokter, ada pula formasi untuk Dokter Gigi. Terdapat sekitar 9 formasi yang dibuka Kementerian ESDM untuk formasi ini. Selain itu, ada pula beberapa formasi untuk Terampil Terapis Gigi dan Mulut yang bisa diisi oleh jurusan Keperawatan Gigi, Kesehatan Gigi, dan Terapis Gigi dan Mulut.

6. Perawat


Untuk formasi Perawat, Kementerian ESDM membuka sekitar 13 formasi. Selain itu, lulusan Keperawatan juga dapat mengisi 4 formasi dari Terampil Terapis Gigi dan Mulut.

Selain enam jurusan tersebut, Kementerian ESDM juga membuka formasi untuk Analis Data Ilmiah, Analis Hukum, Analis Kebijakan, Analis Sumber Daya Manusia Aparatur, Arsiparis, Asesor SDM Aparatur, Instruktur, Pamong Budaya, Penguji Mutu Barang, Perencana, Penerjemah Bahasa Inggris, Pranata Hubungan Masyarakat, Pranata Komputer, Pranata Laboratorium Pendidikan, Pustakawan, Surveyor Pemetaan, Widyaiswara dan Pengamat Gunung Api.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5164 seconds (0.1#10.140)